Detail Cantuman Kembali
DISKA WINDA SARI - Personal Name

RESPONS PEMBACA ANAK USIA OPERASIONAL KONKRET TERHADAP CERPEN PELANGGAN SETIA JAGUNG BAKAR KARYA DYAH EKA KURNIAWATI: KAJIAN RESEPSI SASTRA


Sari, Diska Winda. 2021. Respons Pembaca Anak Usia Operasional Konkret terhadap Cerpen Pelanggan Setia Jagung Bakar Karya Dyah Eka Kurniawati: Kajian Resepsi Sastra. Skripsi. Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman. Pembimbing I: Alfian Rokhmansyah, M.Hum.; Pembimbing II: Dahri D., S.S., M.Hum.
Kata Kunci: resepsi, operasional konkret, cerpen

Pembaca menjadi bagian terpenting dalam menilai sebuah karya sastra. Dalam penilaian tersebut, pengalaman dan latar belakang pembaca turut andil dalam memberikan respons terhadap karya sastra. Salah satu karya sastra yang akan diteliti dan meminta tanggapan responden dalam penelitian ini adalah cerpen Pelanggan Setia Jagung Bakar karya Dyah Eka Kurniawati. Cerpen ini bercerita tentang seorang anak perempuan yang telah salah sangka terhadap teman baiknya. Dalam membaca cerita, anak tidak hanya membaca tetapi juga meresepsi cerita tersebut. Resepsi tersebut berupa tanggapan-tanggapan, respons, ataupun kesan terhadap cerpen yang dibaca.
Resepsi sastra merupakan aliran sastra yang meneliti teks sastra dengan mempertimbangkan pembaca selaku pemberi sambutan atau tanggapan. Salah satu anak yang dapat meresepsi karya sastra khususnya cerpen Pelanggan Setia Jagung Bakar adalah anak usia operasional konkret. Anak usia operasional konkret memiliki pemikiran yang sederhana dan suka membaca buku yang tidak sulit untuk dipahami sehingga cerpen Pelanggan Setia Jagung Bakar menjadi pilihan yang tepat untuk bacaan anak usia operasional konkret. Menggunakan kajian resepsi sastra, penelitian ini bertujuan mendeskripsikan respons anak usia operasional konkret terhadap cerpen Pelanggan Setia Jagung Bakar karya Dyah Eka Kurniawati melalui unsur intrinsik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan reseptif. Responden penelitian ini adalah lima orang anak yang sudah dipilih berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Data penelitian berupa reaksi responden ketika membaca cerpen dan tanggapan mengenai unsur pembangun cerpen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa anak usia operasional konkret memberikan tanggapan positif dan tanggapan negatif terhadap unsur pembangun intrinsik dalam cerpen Pelanggan Setia Jagung Bakar yang dijadikan media penelitian. Tanggapan negatif hanya berupa sifat salah satu tokoh yang ada di dalam cerpen Pelanggan Setia Jagung Bakar selebihnya berupa tanggapan positif. Hal ini menunjukan bahwa resepsi yang ditimbulkan oleh pembaca umumnya bernilai positif, artinya bahwa pembaca menerima unsur intrinsik yang dihadirkan dalam cerpen Pelanggan Setia Jagung Bakar.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul RESPONS PEMBACA ANAK USIA OPERASIONAL KONKRET TERHADAP CERPEN PELANGGAN SETIA JAGUNG BAKAR KARYA DYAH EKA KURNIAWATI: KAJIAN RESEPSI SASTRA
Pengarang DISKA WINDA SARI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI DIS r 2021
Subyek resepsi, operasional konkret, cerpen
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Ilmu Budaya
Jurusan Sastra Indonesia
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua