Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan Media Konkret Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Daring Siswa Kelas VI SDN 009 Sungai Kunjang
Miftahul Jannah, 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan Media Konkret Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Daring Siswa Kelas VI SDN 009 Sungai Kunjang. Pembimbing I Prof. Dr. H. M. Siddik, M.Pd., M.Pd dan Pembimbing II Erna Suhartini, S.Pd M.Pd.
Rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa dipengaruhi oleh banyak faktor baik secara internal maupun eksternal. Salah satu faktor tersebut adalah kecendrungan guru lebih aktif dalam pembelajaran dibandingkan dengan siswa. Akibatnya siswa pasif karena hanya mendengarkan tanpa diberikan tantangan menyelesaikan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan berpikir kreatifsiswa mengikuti pembelajaran model Creative Problem solving (CPS) didukung media konkret dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung pada materi Rangkaian Listrik Sederhana siswa kelas VI SDN 009 Sungai Kunjang. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis Quasi Eksperimen dengan model rancangan Post Test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa keas VI SDN 009 Sungai Kunjang dan sampel diambil secara Porposive Sampling yaitu kelas VI A sebagai kelompok kontrol dan kelas VI D sebagai kelompok eksperimen. Pengumpulan data menggunakan post test yang diberikan pada akhir pembelajaran. Berdasarkan uji perbedaan rata – rata dengan uji pihak kanan (uji -t) diperoleh bahwa
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan Media Konkret Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Daring Siswa Kelas VI SDN 009 Sungai Kunjang |
---|---|
Pengarang | MIFTAHUL JANNAH - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI MIF p 2021 |
Subyek | Creative Problem Solving, Media Konkret, Kemampuan Berpikir Kreatif, Hasil Belajar |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY