Detail Cantuman Kembali
FHANJI WILIS PRATAMA - Personal Name

KLASIFIKASI KUALITAS VARIETAS KELAPA SAWIT MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES CLASSIFIER (Studi Kasus : Pusat Penelitian Kelapa Sawit Samarinda)

Kelapa sawit merupakan komoditi unggul di Kalimantan Timur dengan jumlah produksi mencapai 13,398,363 ton pada tahun 2018, hal ini menyebabkan persaingan pasar semakin ketat dan membuat pengelola kelapa sawit harus bisa mengoptimalkan hasil kebun nya dengan menggunakan varietas kelapa sawit yang berkualitas. Oleh karena itu diperlukan suatu model untuk melakukan klasifikasi kualitas varietas kelapa sawit. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasikan kualitas varietas kelapa sawit berdasarkan variabel yang telah ditetapkan, menggunakan metode Naïve Bayes Classifier. Pengujian metode naïve bayes dilakukan dengan menggunakan skema K-Fold Cross Validation dan pada tahap evaluasi menggunakan confusion matrix. Pada penelitian ini menggunakan 28 data varietas kelapa sawit yang didapatkan melalui website Kementrian Pertanian dan Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Samarinda. Hasil dari penelitian ini, diperoleh bahwa metode naïve bayes memiliki tingkat accuracy 71,4% dan error rate 28,6% pada fold K-3 serta memiliki tingkat precision 75% dan recall 80% pada fold K-2, serta model klasifikasi yang telah dibangun dapat berfungsi dengan baik. Kata kunci : Klasifikasi, Varietas Kelapa Sawit, Naïve Bayes Classifier, K- Fold Cross Validation, Confusion Matrix.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul KLASIFIKASI KUALITAS VARIETAS KELAPA SAWIT MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES CLASSIFIER (Studi Kasus : Pusat Penelitian Kelapa Sawit Samarinda)
Pengarang FHANJI WILIS PRATAMA - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI FHA k 2021
Subyek Klasifikasi, Varietas Kelapa Sawit, Naïve Bayes Cl
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan Informatika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua