Detail Cantuman Kembali
SYAHRUL - Personal Name

PENGUKURAN USABILITY LEARNING MANAGEMENT SYSTEM UNIVERSITAS MULAWARMAN PADA APLIKASI MOLS (Studi Kasus: Fakultas Teknik Universitas Mulawarman)

Pandemi COVID-19 mempengaruhi penggunaan teknologi di setiap lini kehidupan manusia. Seperti halnya pada proses belajar mengajar harus dipersiapkan agar mendapatkan hasil yang optimal. Untuk mengatasi situasi ini, Mulawarman Learning Online System (MOLS) diterapkan untuk memungkinkan siswa berinteraksi dengan perangkat pembelajaran melalui browser web. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi usability MOLS berdasarkan aspek efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna sesuai dengan ISO 9241-11 tentang pengukuran usability. Selain itu, penelitian ini mencoba untuk meningkatkan kegunaan dan kepuasan pengguna MOLS berupa rekomendasi perbaikan antarmuka berdasarkan informasi yang dikumpulkan dari konsep ergonomi. Evaluasi usability menggunakan 3 metode untuk memenuhi aspek pengukuran usability berdasarkan ISO 9241-11. SUS (System Usability Scale) metode untuk mengukur kepuasan pengguna MOLS pilihan student dan lecturer, Performance Measurement metode untuk mengevaluasi efektivitas dan efisiensi dari MOLS berdasarkan pengguna pilihan student, Thinking Aloud untuk mengumpulkan data terkait opini pengguna mengenai desain MOLS yang menjadi rekomendasi perbaikan. Sebanyak 96 mahasiswa dan 30 dosen Fakultas Teknik mengikuti SUS Questionnaire dan 10 mahasiswa terlibat dalam proses Performance Measurement dan Thinking Aloud. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usability MOLS menurut aspek efisiensi dan efektivitas sudah cukup baik dengan tingkat efisiensi MOLS 21 sec/goals, dan tingkat efektivitas MOLS mencapai 99% pada hasil pilot test. Pada aspek kepuasan skor SUS untuk pengguna mahasiswa adalah 61,64 yang berada di bawah standar SUS yang baik yaitu 70, dan skor SUS untuk pengguna dosen adalah 71,4. Hal ini menunjukkan bahwa berdasarkan aspek kepuasan usability MOLS belum memenuhi kebutuhan dari pengguna pilihan student. Oleh karena itu, perlu dilakukan perbaikan agar MOLS lebih bermanfaat untuk meningkatkan usability secara keseluruhan. Berdasarkan hasil Thinking Aloud terhadap pengguna pilihan student didapatkan rekomendasi perbaikan MOLS seperti penambahan fitur audio visual, perbaikan notifikasi, perbaikan user-interface pada beranda, penambahan fitur edit nama file, dan peningkatan responsivitas dari MOLS. Kata kunci : MOLS, Usability, SUS, Performance Measurement, Thinking Aloud.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGUKURAN USABILITY LEARNING MANAGEMENT SYSTEM UNIVERSITAS MULAWARMAN PADA APLIKASI MOLS (Studi Kasus: Fakultas Teknik Universitas Mulawarman)
Pengarang SYAHRUL - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI SYA p 2021
Subyek MOLS, Usability, SUS, Performance Measurement, Thi
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan Teknik Industri
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua