Pengaruh Model Project-Based Learning Terintegrasi STEM Secara Daring Pada Mata Pelajaran IPA Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 014 Sambutan.
Isma Septiyani, 2021. Pengaruh Model Project-Based Learning Terintegrasi STEM Secara Daring Pada Mata Pelajaran IPA Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 014 Sambutan. Pembimbing I Prof. Dr. H. Mohammad Siddik, M.Pd dan Pembimbing II Erna Suhartini, S.Pd, M.Pd.
Salah satu tujuan pembelajaran abad ke-21 adalah mampu berpikir kreatif melalui tingkat keterampilan berpikir yang tinggi. Padahal, isi pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh wacana, diskusi dan pemberian latihan soal. Kondisi ini menyebabkan siswa menjadi asing untuk menghasilkan ide-ide kreatif atau ide-ide yang menghasilkan produk yang dipicu melalui masalah yang menantang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Berbasis Proyek Terintegrasi STEM secara daring pada mata pelajaran IPA pada keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa.
Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 014 Sambutan pada Juli hingga Agustus 2021. Metode yang digunakan adalah metode eksperimental dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian tersebut merupakan siswa kelas IV SD dengan dua kelas sampel yaitu kelas IV A sebagai kelas kontrol dan kelas IV B sebagai kelas eksperimen. Berpikir kreatif memuat empat komponen yaitu kelancaran (fluency), fleksibel (flexibility), keaslian (originality), dan elaborasi (elaboration). Sedangkan hasil belajar dipengaruhi oleh penggunaan metode atau model pembelajaran yang dipilih dan suasana belajar.
Analisis data menggunakan rumus t-test yaitu Independet Sample t Test untuk menentukan keterampilan berpikir kreatif siswa kelas IV. Hasilnya menunjukkan skor rata-rata kelas eksperimental lebih besar daripada kelas kontrol 76 dan 61,20. Selanjutnya tes t yang diperoleh melebihi tabel t. Sedangkan untuk menganalisis hasil belajar digunakan Uji N-Gain, diperoleh presentasi sebesar 59%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran berbasis proyek yang terintegrasi STEM secara daring pada mata pelajaran IPA pada kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 014 Sambutan.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengaruh Model Project-Based Learning Terintegrasi STEM Secara Daring Pada Mata Pelajaran IPA Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 014 Sambutan. |
---|---|
Pengarang | Isma Septiyani - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI ISM p 2021 |
Subyek | Kemampuan Berpikir Kreatif Model Project-Based Learning, STEM, Hasil Belajar. |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY