Analisis Hasil-hasil Penelitian tentang Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) pada Pembelajaran Matematika
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) pada pembelajaran matematika dan untuk mengetahui keefektifan model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) dalam pembelajaran matematika dalam penelitian-penelitian sebelumnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat studi literatur (library research) yang menggunakan jurnal-jurnal dan literatur lainnya sebagai objek penelitian yang utama. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data yang sumber datanya berasal dari artikel penelitian terkait teori-teori model pembelajaran POGIL serta jurnal-jurnal hasil penelitian sebelumnya yang masih terkait dengan topik penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis) dengan pengutipan pendapat yang sesuai. Model pembelajaran POGIL secara umum menggunakan 3 tahapan, 5 tahapan dan 7 tahapan. Model POGIL yang menggunakan 3 tahapan melewatkan orientasi dan evaluasi pada penerapannya, sedangkan model pembelajaran dengan 5 tahapan merupakan penggabungan dari 7 tahapan model POGIL yang memiliki kesamaan dalam aktivitas pembelajarannya Dari 13 penelitian yang dianalisis, ada 5 penelitian yang meneliti keefektifan model pembelajaran POGIL dan semuanya mengemukakan bahwa model POGIL efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika dan sisanya meneliti pengaruh dari model pembelajaran POGIL pada pembelajaran matematika dimana model POGIL mampu membuat kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, komunikasi matematis, penalaran atau kemampuan koneksi matematis siswa lebih baik jika dibandingkan dengan model pembelajaran langsung dan siswa juga menunjukkan respon yang baik dalam pembelajaran POGIL.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Analisis Hasil-hasil Penelitian tentang Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) pada Pembelajaran Matematika |
---|---|
Pengarang | Hainun - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI HAI a 2021 |
Subyek | Pembelajaran Matematika POGIL |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY