PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN EDUCATION GAMES PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS SMA NEGERI 3 SAMARINDA
Problem based learning (PBL) merupakan sebuah model pembelajaran yang membuat siswa dapat memecahkan masalah yang nyata dan diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa, peningkatan hasil belajar siswa dan pengaruh model PBL dengan education games terhadap hasil belajar siswa. Education games adalah suatu media pembelajaran berupa permainan yang digunakan guru untuk membantu proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan purposive sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 35 siswa pada siswa kelas X MIPA 1. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes untuk mengetahui hasil belajar. Hasil analisis melalui uji wilcoxon signed rank dari hasil belajar siswa menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan model problem based learning, dengan perolehan p-value yakni 0,00 yang lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Ketuntasan hasil belajar siswa adalah 71%, dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,58 termasuk dalam kategori sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL dengan education games pada materi momentum dan impuls dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN EDUCATION GAMES PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS SMA NEGERI 3 SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | DARA AYUNDA PUSPITASARI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI DAR p 2021 |
Subyek | Hasil Belajar , Model Problem Based Learning, Education Games |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN FISIKA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY