Detail Cantuman Kembali
ELMA PRATIWI - Personal Name

Kemampuan Penggunaan Bahasa Tulis dalam Menulis Teks Eksposisi oleh Siswa Kelas X SMK Miftahul Ulum Samarinda Tahun Pembelajaran 2019-2020. Tugas Akhir Jenjang S1 Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

ELMA PRATIWI, 2020. Kemampuan Penggunaan Bahasa Tulis dalam Menulis Teks Eksposisi oleh Siswa Kelas X SMK Miftahul Ulum Samarinda Tahun Pembelajaran 2019-2020. Tugas Akhir Jenjang S1 Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Dosen Pembimbing Dr. Hj. Widyatmike Gede Mulawarman, M.Hum dan Meita Setyawati, S.Sn. MA.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan bahasa tulis siswa melalui bentuk struktur teks eksposisi, ciri-ciri teks eksposisi dalam karya tulis siswa serta mengetahui faktor- faktor penyebab kesulitan siswa. Data diperoleh dengan metode tes, membaca/ simak dan teknik catat. Metode analisis yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dan instrumen yang digunakan berupa human instrument. Objek penelitian ini adalah teks eksposisi siswa kelas X SMK Miftahul Ulum Samarinda dengan jumlah siswa 30 orang.
Hasil penelitian menunjukkan pada bahwa kemampuan bahasa tulis siswa dalam menulis karangan eksposisi masih kurang. Dilihat dari penulisan struktur, dari 30 siswa hanya 13 siswa yang memiliki struktur ekposisi lengkap. Selain struktur, penulisan ciri teks eksposisi juga masih kurang, dari 30 teks siswa hanya 11 teks yang memiliki kelengkapan ciri teks eksposisi. Kurangnya kemampuan siswa dalam hal ini dipengaruhi oleh beberapa fakor kesulitan internal dan eksternal yakni kesulitan memahami struktur dan mekanika penulisan serta penjelasan guru yang sulit dipahami siswa dan kurangnya bahan infromasi siswa dalam menulis teks ekpsosisi. Dari sejumlah kesulitan yang ada, struktur menjadi faktor kesulitan dominan yang dialami, yakni sebanyak 17 siswa. Semua faktor kesulitan yang dialami siswa ini memiliki kohesi atau hubungan, seperti ketidakpahaman siswa terhadap penulisan struktur teks eksposisi juga bisa disebabkan penjelasan guru dalam memaprkan materi kurang dipahami siswa, dan sebagainya.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Kemampuan Penggunaan Bahasa Tulis dalam Menulis Teks Eksposisi oleh Siswa Kelas X SMK Miftahul Ulum Samarinda Tahun Pembelajaran 2019-2020. Tugas Akhir Jenjang S1 Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia
Pengarang ELMA PRATIWI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ELM k 2021
Subyek Teks Eksposisi dan Bahasa Tulis
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua