Detail Cantuman Kembali
WAHYU SURYA SAPUTRA - Personal Name

Peningkatan hasil belajar PPKn tentang keberagaman di masyarakat tema 8 subtema 1 model pembelajaran example non example siswa kelas iv sdn 001 palaran tahun pembelajaran 2018/2019

Wahyu Surya Saputra, 2019. Peningkatan hasil belajar PPKn tentang keberagaman di masyarakat tema 8 subtema 1 model pembelajaran example non example siswa kelas iv sdn 001 palaran tahun pembelajaran 2018/2019. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Muhammad Ilyas, M.Pd. sebagai pembimbing (I) dan Sukriadi, S.Pd, M.Pd. sebagai pembimbing (II).

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN 001 Palaran khususnya pada mata pelajaran PPKn. Rumusan masalah dalam penelitian ini Bagaimana Peningkatan Hasil Belajar Ppkn Tentang Keberagaman Di Masyarakat Tema 8 Subtema 1 Dengan Model Pembelajaran Example Non Example Siswa Kelas IV SDN 001 Palaran Tahun Pembelajaran 2018/2019?. Maka tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar PPKn tentang keberagaman di Masyarakat Tema 8 Subtema 1 Dengan Model Pembelajaran Example Non Example Siswa Kelas IV SDN 001 Palaran Tahun Pelajaran 2018/2019.
Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa siswi kelas IV SDN 001 Palaran yang berjumlah 29 siswa dan objek penelitian ini adalah hasil belajar PPKn tentang keberagaman di masyarakat menggunakan pendekatan Example Non Example. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus rata-rata, persentase, dan rumus peningkatan hasil belajar.
Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa sebesar 41,38% dari nilai rata-rata 44,48 dengan predikat sangat kurang, pada nilai dasar menjadi 61,81 dengan predikat kurang dan persentase ketuntasan sebesar 55,17%. Pada siklus II mengalami peningkatan hasil belajar siswa sebesar 72,48% dengan nilai rata-rata menjadi 76,72 dengan predikat cukup dan persentase ketuntasan sebesar 82,76%. Sehingga persentase ketuntasan pada siklus II telah mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan yaitu >75% dari jumlah siswa di kelas telah mencapai nilai >70 (KKM). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Example Non Example pada tema 8 muatan PPKn kelas IV SDN 001 Palaran tahun pembelajaran 2018/2019 mengalami peningkatan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Peningkatan hasil belajar PPKn tentang keberagaman di masyarakat tema 8 subtema 1 model pembelajaran example non example siswa kelas iv sdn 001 palaran tahun pembelajaran 2018/2019
Pengarang WAHYU SURYA SAPUTRA - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI WAH p 2021
Subyek Hasil belajar PPKn.
Keberagaman Masyarakat Di Indonesia. Example non E
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua