Detail Cantuman Kembali
SANDI NOVIANTO - Personal Name

PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN KECERDASAN INTRAPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SEMESTER II SMPN 27 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2013/2014

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa dan kecerdasan intrapersonal terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII semester II SMPN 27 Samarinda tahun ajaran 2013/2014.
Jenis penelitianini adalah ex post facto. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2014. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 27 Samarinda Utara sebanyak 6 kelas yang terdiri dari 180 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupaangket dan tes. Angket digunakan untuk memperoleh data motivasi belajar siswa dan kecerdasan intrapersonal, sedangkan tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar matematika. Sebelum penelitian dilaksanakan, diadakan uji coba instrument penelitian padasiswa di kelas VIIG SMPN 29 Samarindasebanyak 32siswa.
Data dianalisis menggunakan statistic deskriptif dan statistic inferensial terdiri dari pemeriksaan asumsi dan pengujian hipotesis. Pemeriksaan asumsi terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linieritas. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier ganda dengan taraf signifikan 5%.
Hasil analisis inferensial menggunakan regresi linier ganda, diperoleh persamaan penduga Ŷ = -15,205 + 0,483 X1 + 0,537X2. Setelah perhitungandidapatp = 0,000.Karenap< α maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh motivasi belajar siswa dan kecerdasan intrapersonal terhadap hasil belajar matematika. NilaiR2 = 0,316 menunjukkan bahwa kontribusi motivasi belajar siswa dan kecerdasan intra personal terhadap hasil belajar matematika sebesar31,6%.
Berdasarkan statistic inferensial dengan analisis regresi linier ganda, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh motivasi belajar siswa dan kecerdasan intrapersonal terhadap hasil belajar matematika pada materigaris dan sudut dikelas VII SMPN 27 Samarinda Tahun Ajaran 2013/2014.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN KECERDASAN INTRAPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SEMESTER II SMPN 27 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2013/2014
Pengarang SANDI NOVIANTO - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua