Detail Cantuman Kembali
MASDAR KURNIAWAN - Personal Name

KETERLIBATAN MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA LAUT DI PULAU KANIUNGAN KECAMATAN BIDUK - BIDUK KABUPATEN BERAU

Masdar Kurniawan, 2021. Keterlibatan Masyarakat Dalam PengembanganPariwisata laut di Pulau Kaniungan Kampung Teluk Sumbang Kecamatan Biduk-Biduk Kabupaten Berau (Dibimbing Oleh Bambang I Gunawan dan OonDarmansyah)

Pulau Kaniungan adalah satu diantara pulau yang terdapat di Kecamatan Biduk- Biduk Kabupaten Berau. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui keterlibatan masyarakat dalam pengembangan wisata laut Pulau Kaniungan dan untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan pariwisata laut Pulau Kaniungan Kecamatan Biduk-biduk. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive dan analisis data yang digunakan adalah deskriftif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan keterlibatan masarakat dalam pengembngan wisata laut Pulau Kaniungan diantaranya menjaga lingkungan, Pulau, pembangunan sarana dan prasna, mengikuti pelatihan selam, menjadikan rumah rumah tempat tinggal mennjadi Home Stay. Untuk keterlibatan unsur pemerintah yaitu pembentukan kelompok sadar wisata (Pokdarwis), pelatihan diving pengadaan lomba panji-panji wisatan untuk masyarakat yang peduli dengan parawisata. Untuk ditingkat desa aparat pemerintah terlibat langsung dalam setiap kegiatan yang diadakan dinas terkait serta ikut serta terlibat dalam perencanaan pengembngan Pulau Kaniungan. Faktor pendukung dalam pengembangan wisata laut Pulau Kaniungan diantaranya keindahan alam yang menjadi daya tarik, sarana transportasi darat dan laut yang memadai, prasana penginapan berupa home stay dan resort serta keterlibatan masyarakat pada setiap kegiatan yang diadakan pemerintah. Faktor penghambat diantaranya jarak tempuh yang cukup jauh yang menyebabkan kurangnya pengunjung serta terbatasnya sarana dan prasarana di Pulau Kaniungan terutama penginapan yang masih kurang karena hanya terdapat 1 resort dan bebera home stay serta toko dan warung makan yang terbatas dan kurang memadai.
Kata Kunci: Kampung Teluk sumbang, Pulau Kaniungan, Keterlibatan Masyarakat, Faktor Pendukung dan Penghambat.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul KETERLIBATAN MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA LAUT DI PULAU KANIUNGAN KECAMATAN BIDUK - BIDUK KABUPATEN BERAU
Pengarang MASDAR KURNIAWAN - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MAS k 2021
Subyek Kampung Teluk sumbang,
Pulau Kaniungan,
Keterlibatan Masyarakat,
Faktor Pendukung dan Penghambat.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit
Jurusan Sosial Ekonomi Perikanan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua