Detail Cantuman Kembali
Said Taufik .AS - Personal Name

Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning berbasis Daring pada Mata Pelajaran Biologi di SMP Negeri 7 Long Ikis Tahun Pembelajaran 2020/2021

Said Taufik AS, 2020.Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning berbasis Daring pada Mata Pelajaran Biologi di SMP Negeri 7 Long Ikis Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Herliani, M.Pd selaku pembimbing I dan Masitah, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep dan keterampilan berpikir bagi siswa setelah menerapkan model pembelajaran Discovery Learning berbasis Daring di kelas IX B SMP Negeri 7 Long Ikis. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah pra-experiment design dengan rancangan penelitian the one group pretest-posttest design. Sampel yang digunakan ialah kelas IX B berjumlah 34 siswa.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa ketuntasan belajar penguasaan konsep siswa pada pertemuan 1 hasil pretest yaitu 52,68% dan posttest 85,18%, N-Gain 0,70 dengan kriteria sedang. Pada pertemuan 2 hasil pretest yaitu 43,70% dan posttest 82,17%, N-Gain 0,70 dengan kriteria sedang. Pada pertemuan 3 hasil pretest 37,19% dan posttest 82,50%, N-Gain 0,73 dengan kriteria tinggi. Pada perolehan rata-rata persentase level SOLO keterampilan berpikir siswa pada pertemuan 1 soal level Unistruktural (U) yaitu 92,86% dengan kriteria baik sekali, level Multistruktural (M) yaitu 78,57% dengan kriteria baik sekali, level Relasional (R) yaitu 60,71% dengan kriteria cukup, level Extended Abstract (E) yaitu 60,71% dengan kriteria cukup. Pertemuan 2 soal level Unistruktural (U) yaitu 91,30% dengan kriteria baik sekali, level Multistruktural (M) yaitu 80,43% dengan kriteria baik sekali, level Relasional (R) yaitu 43,48% dengan kriteria kurang, level Extended Abstract (E) yaitu 39,13% dengan kriteria kurang. Pertemuan 3 soal level Unistruktural (U) yaitu 93,75% dengan kriteria baik sekali, level Multistruktural (M) yaitu 73,44% dengan kriteria baik, level Relasional (R) yaitu 40,63% dengan kriteria kurang, level Extended Abstract (E) yaitu 46,88% dengan kriteria kurang.
Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning berbasis Daring pada Mata Pelajaran Biologi di SMP Negeri 7 Long Ikis Tahun Pelajaran 2020/2021, dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa akan tetapi hanya meningkatkan keterampilan berpikir siswa dilevel SOLO Unistruktural (U) dan Multistruktural (M).

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning berbasis Daring pada Mata Pelajaran Biologi di SMP Negeri 7 Long Ikis Tahun Pembelajaran 2020/2021
Pengarang Said Taufik .AS - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI SAI p 2021
Subyek Taksonomi SOLO
Model Pembelajaran Discovery Learning berbasis Dar
Penguasaan Konsep, Keterampilan Berpikir,
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN BIOLOGI
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua