Hubungan Pelaksanaan Pembelajaran E-Learning Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Operasi Hitung Pecahan Pada Siswa Kelas V SDN Di Kecamatan Samarinda Ulu Tahun Ajaran 2020/2021
Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya perubahan metode pembelajaran yang disebabkan oleh pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran E-learning, hasil belajar matematika siswa kelas V, serta mengetahui hubungan pelaksanaan E-learning dengan hasil belajar matematika siswa kelas V. Pelaksanaan pembelajaran E-learning dan hasil belajar siswa bermanfaat untuk membantu guru dalam menyampaikan materi serta meningkatkan hasil belajar peseta didik.
Metodologi dalam penelitian ini yaitu penelitian deskripsi korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SDN Kecamatan Samarinda Ulu pada tanggal 4 januari 2021 sampai tanggal 4 Maret 2021. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru kelas V di SDN Kecamatan Samarinda Ulu yang berjumlah 38 guru, dan sampel yang diambil yaitu 35 guru. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah Kuesioner, dokumentasi dan dokumen hasil belajar. Instrumen ini digunakan untuk mengetahui hubungan pelaksanaan pembelajaran E-learning dengan hasil belajar matematika siswa kelas V. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Analisis deskriptif untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran E-learning dan analisis statistik inferensial untuk mengetahui hubungan pelaksanaan pembelajaran E-learning dengan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN di Kecamatan Samarinda Ulu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pelaksanaan pembelajaran E-learning dengan hasil belajar matematika siswa di mana rhitung sebesar 0,702, sedangkan rtabel dengan N=35 pada taraf signifikan 5% sebesar 0,334, sehingga rhitung lebih besar dari rtabel (0,702 > 0,334). Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara pelaksanaan pembelajaran E-learning dengan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Kecamatan Samarinda Ulu
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Hubungan Pelaksanaan Pembelajaran E-Learning Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Operasi Hitung Pecahan Pada Siswa Kelas V SDN Di Kecamatan Samarinda Ulu Tahun Ajaran 2020/2021 |
---|---|
Pengarang | Ni Luh Kemi Udayanti - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI KEM h 2020 |
Subyek | Hasil Belajar Matematika Pelaksanaan Pembelajaran E-learning, |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2020 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY