Detail Cantuman Kembali
Margareta Unyang - Personal Name

Nilai Budaya Legenda "Batu Mili" Cerita Rakyat Suku Dayak Kayan di Desa Long Pakaq Kecamatan Long Pahangai Kabupaten Mahakam Ulu.

Margareta Unyang, 2021. Nilai Budaya Legenda “Batu Mili” Cerita Rakyat Suku Dayak Kayan di Desa Long Pakaq Kecamatan Long Pahangai Kabupaten Mahakam Ulu. Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman Samarinda, dibimbing oleh Dr. Syaiful Arifin, M.Hum. dan Tri Indrahastuti, S.Sn.,M.Sn.

Kata Kunci : Nilai Budaya,
Legenda Sastra adalah suatu kegiatan kreatif, sebuah karya seni.Sastra juga dianggap sebagai karya karya yang imajinatif, fiktif, dan inovatif.Pada saat ini sastra daerah banyak ditinggalkan.Padahal, seharusnya tetap dilestarikan sebagai salah satu kekayaan budaya daerah.Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai budaya yang terdapat dalam cerita Long Pakaq yakni nilai budaya, fungsi nilai budaya, dan kepercayaan masyarakat terhadap legenda.Jenis penelitian adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif.Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah teknik observasi, rekaman, wawancara, teknik baca dan teknik catat.Teknik analisis data dengan menganalisis isi cerita legenda batu mili. Hasil penelitian yang terdapat dalam legenda “Batu Mili” yaitu (1) nilai budaya hubungan manusia dengan Tuhan meliputi percaya kepada Tuhan, dan berdoa, (2) nilai budaya hubungan manusia dengan alam meliputi memanfaatkan sumber daya alam, (3) nilai budaya hubungan manusia dengan masyarakat meliputi kebijaksanaan, musyawarah, gotong royong, (4) nilai budaya hubungan manusia dengan orang lain meliputi kasih sayang, kesetiaan, (5) nilai budaya hubungan manusia dengan diri sendiri meliputi bekerja keras, kecerdikan, (6) fungsi nilai budaya meliputi sebagai hiburan, sebagai pendidikan, sebagai penggalang kesetiakawanan sosial, (7) kepercayaan masyarakat meliputi kepercayaan terhadap makhluk halus, kepercayaan terhadap kekuatan gaib, kepercayaan terhadap ritual.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Nilai Budaya Legenda "Batu Mili" Cerita Rakyat Suku Dayak Kayan di Desa Long Pakaq Kecamatan Long Pahangai Kabupaten Mahakam Ulu.
Pengarang Margareta Unyang - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MAR n 2021
Subyek Nilai Budaya, Legenda
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidkan Bahasa dan Sastra Indonesia
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua