Detail Cantuman Kembali
SINTYA ARTA MEVY - Personal Name

Efektivitas Penggunaan LMS (Learning Management System) Berbasis Chamilo dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran IPA Kelas IX di SMP Negeri 1 Bontang

Sintya Arta Mevy, 2021. Efektivitas penggunaan LMS (Learning Management System) berbasis Chamilo dalam pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 pada mata pelajaran IPA kelas IX di SMP Negeri 1 Bontang, skripsi program sturdi pendidikan biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr. Hj. Herliani, M.Pd selaku dosen pembimbing I dan Ibu Dr. Elsje Theodora Maasawet, M.Pd selaku pembimbing II.
Selama pandemi Covid-19, seluruh proses pembelajaran di sekolah dilakukan secara daring atau pembelajaran jarak jauh. Oleh sebab itu, dibutuhkan media pembelajaran yang dapat membantu proses pembelajaran agar tetap dapat berjalan secara efektif dan efisien. SMP Negeri 1 Bontang merupakan salah satu sekolah yang menerapkan pembelajaran daring. Dalam proses pembelajaran daring, media yang digunakan oleh SMP Negeri 1 Bontang adalah LMS Chamilo. Penelitian ini bertujuan untuk mencari data yang mendalam mengenai LMS Chamilo, proses pembelajaran dan kendala selama proses menggunakan LMS Chamilo untuk mengetahui efektifitas penggunaan LMS (Learning Managament System) berbasis Chamilo dalam pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 pada mata pelajaran IPA kelas IX di SMP Negeri 1 Bontang. Metode penelitian yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan diantaranya dengan 1 Guru sebagai penanggung jawab teknis (admin), 2 Guru IPA kelas IX dan 4 siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Bontang. Proses observasi dilakukan selama 1 bulan dan disertai dengan pengambilan dokumentasi pada proses pembelajaran daring yang dilakukan melalui LMS Chamilo di SMP Negeri 1 Bontang.
Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa LMS Chamilo memiliki fitur-fitur yang beragam, menarik, efisien dan akurat untuk membantu proses pembelajaran, serta terdapat kendala dalam proses pembelajaran melalui LMS Chamilo yaitu keterbatasan server yang menyebabkan LMS Chamilo sering mengalami gangguan sehingga sulit untuk diakses. Kesimpulan dari penelitian ini adalah LMS Chamilo tidak efektif digunakan pada proses pembelajaran selama pandemi Covid-19 pada mata pelajaran IPA kelas IX di SMP Negeri 1 Bontang karena terkendala oleh keterbatasan server.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Efektivitas Penggunaan LMS (Learning Management System) Berbasis Chamilo dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran IPA Kelas IX di SMP Negeri 1 Bontang
Pengarang SINTYA ARTA MEVY - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI SIN e 2021
Subyek Efektivitas, LMS, Chamilo, Mata Pelajaran IPA
Pembelajaran Daring, Siswa Kelas IX SMP
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Biologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua