Detail Cantuman Kembali
Siti Humairah - Personal Name

Hubungan Karakteristik Anggota POKLAHSAR Kerupuk Ikan “KUB Merah Putih” Dengan Akses Media Penyuluhan Di Kelurahan Sanga-Sanga Muara Kecamatan Sanga-Sanga.

SITI HUMAIRAH, 2021. Hubungan Karakteristik Anggota POKLAHSAR Kerupuk Ikan “KUB Merah Putih” Dengan Akses Media Penyuluhan di Kelurahan SangaSanga Muara Kecamatan Sanga-Sanga (dibimbing oleh Eko Sugiharto dan Muhammad Syafril).
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan karaktetristik kelompok pengolah hasil perikanan dengan penggunaan akses media penyuluhan di Kelurahan Sanga-Sanga Muara Kecamatan Sanga-Sanga. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode sensus, dengan jumlah responden sebanyak 20 orang. Analisis data didasarkan pada kepentingan untuk melihat hubungan antar variabel digunakan uji korelasi “Rank Spearman Corelation” Hasil analisis menunjukkan bahwa karakteristik; umur pengolah hasil perikanan KUB Merah Putih di kelurahan sanga-sanga muara 90% termasuk pada umur produktif yaitu mulai dari 31 tahun hingga 59 tahun, 70% pengolah di KUB Merah Putih berstatus sebagai pemilik. Pendidikan formal pengolah di KUB Merah Putih 85% adalah SMP-SMA dan pengalaman bergabung dalam kelompok 95% diatas 7 tahun. Kelompok pengolah aktif melalui komunikasi sesama pengolah hasil perikanan sebesar 80%, melalui komunikasi antar kelompok sebesar 45% dan komunikasi dengan penyuluh sebesar 50% . Sebanyak 75 % pernah mendapatkan leaflet sebagai media untuk berbagi informasi yang diberikan oleh penyuluh, sekitar 20% memiliki majalah sebagai akses mencari informasi. Sedangkan untuk media internet sebanyak 70% karena media tersebut sangat mudah untuk digunakan. Hubungan karakteristik anggota pengolah hasil perikanan KUB Merah Putih dengan akses media penyuluhan yaitu karakteristik umur pengolah dan pendidikan formal pengolah memiliki hubungan yang nyata (signifikan) dengan penggunaan akses media internet.
Kata Kunci : Karakteristik, Pengolah Hasil Perikanan, Akses, Media Penyuluhan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Hubungan Karakteristik Anggota POKLAHSAR Kerupuk Ikan “KUB Merah Putih” Dengan Akses Media Penyuluhan Di Kelurahan Sanga-Sanga Muara Kecamatan Sanga-Sanga.
Pengarang Siti Humairah - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI SIT h 2021
Subyek Karakteristik,
Pengolah Hasil Perikanan,
Akses,
Media Penyuluhan.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit
Jurusan Sosial Ekonomi Perikanan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua