Detail Cantuman Kembali
ANASTASIA EMBONGBULAN - Personal Name

STRATEGI PEMASARAN PADI SAWAH ORGANIK ( ORYZA SATIVA L) DI DESA MUHURAN KECMATAN KOTA BANGUN KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Strategi pemasaran merupakan penyusunan rencana menyeluruh yang diperoleh melalui identifikasifaktor eksternaldan internalyang dapat mempenagruhi pemasaran padi sawah organik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi usahatani padi sawah organik serta alternatif strategi pemasaran padi sawah organik di Desa Muhuran Kecamatan Kota Bangun Kabupaten Kutai Kartanegara.
Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2020 sampai Februari 2021 di Desa Muhuran Kecamatan Kota Bangun Kabupaten Kutai Kartanegara. Data yang digunakan dalam penelitian ialah data primer dan data sekunder. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling (sengaja). Data dianalisis menggunakan analisis SWOT.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuatan utama yaitu pengembangan produk dengan nilai 78,50 dan menjadi peluang utama yaitu pemilihan pelanggan dengan nilai 87,25. Alternatif strategi yang paling mendekati yaitu Strengths Opportunities ( SO) yaitu menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang yang ada. Strateginya yaitu dengan mempertahankan kualitas padi sawah organik agar bisa mempertahankan pelanggan dan memasuki segmen pasar yang lebih luas, melaksanakan inovasi produk dengan pemanfaatan teknologi yang ada, dan meminta bantuan pemerintah dalam meningkat kegiatan pemasaran dan kegiatan perencananaan dalam mengembangkan usaha.
Identifikasi faktor internal meliputi struktur permodalan, luas lahan, kualitas padi, pengembangan produk, jenis perencanaan, kapasitas produk, kemampuan perencanaan, kualitas sumber daya manusia, sarana angkutan, dan promosi. Sedangkan faktor eksternal adalah kemampuan memasuki segmen pasar, pemanfaatan teknologi, pelanggan, biokrasi pemerintah, kebijakan tentang lingkungan kondisi ekonomi dan politik, gagal panen, subsitusi produk, dan pengaruh kenaikan harga BBM

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul STRATEGI PEMASARAN PADI SAWAH ORGANIK ( ORYZA SATIVA L) DI DESA MUHURAN KECMATAN KOTA BANGUN KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
Pengarang ANASTASIA EMBONGBULAN - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ANA s 2021
Subyek strategi pemasaran, analisis SWOT padi sawah organ
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit
Jurusan agribisnis
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPA. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua