PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI GAME DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA SMAN MUARA KAMAN
Muhammad Aldyka Daniar, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Game Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Muara Kaman dibawah bimbingan Bapak Prof. Dr. H. Rahmat Soe’oed, MA dan Bapak Dr. Asnan Hefni. M,Si selaku pembimbing I dan Pembimbing II.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan pengembangan media game dalam pembelajaran bahasa Indonesia. 2) mengungkapkan tingkat kemenarikan penggunaan media game dalam Proses pembelajaran yang efektif memerlukan media dalam pembelajaran bahasa Indonesia, dan 3) mengetahui tingkat keefektifan penggunaan media game dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Langkah – langkah pengumpulan data menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Tahap yang diambil pada penelitian ini hanya sebatas pada tujuh tahap diantaranya yaitu studi pendahuluan (Research and information collecting), perencanaan penelitian (planning), (pengembangan desain (develop preliminary form of product), (uji coba pendahuluan atau terbatas (preliminary field testing), main product revision (revisi hasil uji lapangan terbatas), uji coba produk secara lebih luas (main field testing), revisi hasil uji coba lapangan lebih luas (operational product revision). Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) pengembangan media pembelajaran yang dikembangkan dan digunakan adalah game berbasis android dengan dengan dukungan software Netbeans 12.4 product oracle; 2) Siswa bersikap positif terhadap produk sebesar 82% dengan kategori “sangat menarik”; (3) Tingkat keefektifan penggunaan media game dalam pembelajaran bahasa Indonesia sebesar 82,3% atau sangat efektif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa game berbasis web dapat digunakan sebagai penunjang media pembelajaran siswa kelas Sekolah Menengah Atas.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI GAME DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA SMAN MUARA KAMAN |
---|---|
Pengarang | MUHAMMAD ALDYKA DANIAR - Personal Name |
No. Panggil | TESIS MUH p 2021 |
Subyek | Pengembangan, Media Pembelajaran, Aplikasi Game |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | MAGISTER PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY