Detail Cantuman Kembali
UMI ISROUL MAHMUDAH - Personal Name

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DI ERA PANDEMI COVID-19 DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN SUDUT PADA SISWA KELAS IV SDN 007 SUNGAI KUNJANG TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021

Umi Isroul Mahmudah, 2021. Implementasi Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid-19 Dalam Mata Pelajaran Matematika Materi Pengukuran Sudut Pada Siswa Kelas IV SDN 007 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2020/2021. Pembimbing I Drs. H. La Djangka, M,Pd dan Pembimbing II Muhlis, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran matematika materi pengukuran sudut yang dilaksanakan secara daring dikarenakan adanya pandemi covid19 sehingga pembelajaran matematika yang seharusnya belajar secara intensif dengan pembelajaran secara tatap muka agar siswa lebih mudah memahami materi ini tidak dapat terlaksana dikarenakan pandemi covid-19 yang mengakibatkan pembelajaran matematika tidak berlangsung optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persiapan guru dalam menerapkan pembelajaran daring, untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran daring pada materi pengukuran sudut, dan untuk mengetahui faktor pendukung serta penghambat dalam menerapkan pembelajaran daring materi pengukuran sudut pada kelas IV SDN 007 Sungai Kunjang.
Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV A, IV B, dan IV C di SDN 007 Sungai Kunjang dan waktu pelaksanaan pada semester II Tahun Pembelajaran 2020/2021. Subjek penelitian ini adalah guru wali kelas IV A, IV B, dan IV C di SDN 007 Sungai Kunjang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah melaksanakan pembelajaran daring materi pengukuran sudut dengan persiapan yang baik. Penerapan pembelajaran daring materi pengukuran sudut tidak sepenuhnya efektif dikarenakan tidak keseluruhan siswa dapat memahami materi pengukuran sudut yang diajarkan oleh guru dan tidak keseluruhan siswa memahami cara mengukur sudut dengan benar. Faktor pendukung pembelajaran daring adalah gawai dan kuota internet yang memadai serta faktor penghambat pembelajaran daring adalah tidak memiliki gawai dan kuota internet. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring pada mata pelajaran matematika tidak sepenuhnya bisa berjalan efektif dikarenakan tidak keseluruhan siswa memahami materi, dan persiapan guru dalam melaksanakan pembelajaran daring berperan besar untuk mencapai tujuan pembelajaran serta fasilitas pembelajaran yang memadai akan mempermudah siswa untuk melaksanakan pembelajaran daring pada materi pengukuran sudut ini.


Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DI ERA PANDEMI COVID-19 DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN SUDUT PADA SISWA KELAS IV SDN 007 SUNGAI KUNJANG TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021
Pengarang UMI ISROUL MAHMUDAH - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI UMI i 2021
Subyek Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh (Daring)
Mata Pelajaran Matematika, Pengukuran Sudut.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua