Detail Cantuman Kembali
IRFAN HANIF - Personal Name

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN BELUNTAS (Pluchea indica Less) MELALUI AIR MINUM TERHADAP PERFORMA AYAM BROILER

IRFAN HANIF. Pengaruh Pemberian Ekstrak Daun Beluntas (Pluchea indica Less) Melalui Air Minum Terhadap Performa Ayam Broiler, Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman 2021 (Dibawah bimbingan Julinda Romauli Manullang Dan Taufan Purwokusumaning Daru)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak daun beluntas dalam air minum terhadap konsumsi pakan, konversi pakan, dan pertambahan bobot badan, ayam broiler. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni sampai bulan Juli 2019. Pembuatan ekstraks daun beluntas (Pluchea indica Less) dilaksanakan di Laboratorium Nutrisi Ternak, Fakultas Pertanian, Universitas Mulawarman. Pengamatan ayam broiler selama 15 – 35 hari dilakukan di Kandang ayam yang berlokasi di Loa Bahu, Kelurahan Sungai Kunjang, Kecamatan Samarinda Kota, Kalimantan Timur.
Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan menggunakan 5 perlakuan dan 5 ulangan. P0 tanpa perlakuan, selanjutknya penambahan ekstrak daun beluntas pada P1= 4%, P2= 6%, P3= 8%, dan P4=10%. Data penelitian dianalisis menggunakan analysis of variance (ANOVA), Apabila terdapat perbedaan yang nyata dilanjutkan dengan uji BNT pada taraf 5%.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemberian ekstrak daun beluntas terhadap konsumsi pakan dan pertambahan bobot badan berpengaruh nyata, dan tidak berpengaruh nyata konversi pakan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN BELUNTAS (Pluchea indica Less) MELALUI AIR MINUM TERHADAP PERFORMA AYAM BROILER
Pengarang IRFAN HANIF - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI IRF p 2021
Subyek beluntas, broiler, pertambahan bobot badan, konsum
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan peternakan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua