Detail Cantuman Kembali
Kamalul Haqqi - Personal Name

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBERIAN BEASISWA PRESTASI BAGI MAHASISWA KABUPATEN PASER MENGGUNAKAN METODE TECHNIQUE FOR ORDER PREFERENCES BY SIMILARY TO IDEAL SOLUTION (TOPSIS)

ABSTRAK

Beasiswa merupakan salah satu apresiasi yang diberikan kepada mahasiswa yang memiliki kemampuan dan keinginan besar dalam hal menuntut ilmu dalam bidang akademik. Oleh karenanya, maka diadakan program pemberian beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi agar menunjang minat dan menambah motivasi dalam menuntut ilmu. Masalah yang biasa terjadi dalam menentukan penerima beasiswa biasanya terjadi saat menentukan penerima beasiswa yang memiliki jumlah cukup banyak dan memiliki nilai yang tidak jauh berbeda dari satu mahasiswa dengan mahasiswa lainnya. Maka dari itu diperlukan suatu sistem yang dapat membantu dalam merekomendasikan mahasiswa yang berhak menerima beasiswa. Penelitian ini menerapkan metode Technique For Order Preference by Similarity to Ideal Solution untuk menyelesaikan permasalahan dalam pemilihan pemberian rekomendasi mahasiswa yang berhak menerima beasiswa prestasi bagi mahasiswa di Kabupaten Paser. TOPSIS adalah salah satu metode pengambilan keputusan multikriteria dengan ide dasarnya adalah bahwa alternatif yang dipilih memiliki jarak terdekat dengan solusi ideal positif dan memiliki jarak terjauh dari solusi ideal negatif. Adapun variable yang digunakan adalah Indeks Prestasi terakhir, akreditasi universitas, dan akreditasi fakultas. Hasil dari penelitian berupa sistem pendukung keputusan yang dapat memberikan rekomendasi mahasiswa yang berhak menerima beasiswa prestasi bagi mahasiswa di Kabupaten Paser.

Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan, TOPSIS, Beasiswa Prestasi

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBERIAN BEASISWA PRESTASI BAGI MAHASISWA KABUPATEN PASER MENGGUNAKAN METODE TECHNIQUE FOR ORDER PREFERENCES BY SIMILARY TO IDEAL SOLUTION (TOPSIS)
Pengarang Kamalul Haqqi - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua