Detail Cantuman Kembali
MOCHAMAD ADI SETIAWAN - Personal Name

ANALISIS PSIKOLOGI SASTRA DALAM NOVEL SIMFONI DI TANAH DAYAK KARYA MUNALDUS DKK

Mochamad Adi Setiawan, 2021. Analisis Psikologi Sastra dalam Novel ”Simfoni di Tanah Dayak” Karya Munaldus Dkk. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Jurusan Bahasa dan Seni. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Pembimbing 1. Dr. Syaiful Arifin, M.Hum, M.Hum. Dan pembimbing 2. Tri Indrahastuti, S.Sn., M.Sn.

Penelitian ini menggambarkan tentang strukur kepribadian dan dinamika kepribadian pada tokoh utama dalam novel Simfoni di Tanah Dayak karya Munaldus Dkk dengan menggunakan teori Sigmund Freud. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah seluruh unsur cerita yang ada dalam novel Simfoni di Tanah Dayak Karya Munaldus Dkk berdasarkan teori Sigmund Freud. Sumber data dalam penelitian ini adalah cerita yang ada di dalam novel Simfoni di Tanah Dayak Karya Munaldus Dkk.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aspek psikologi kepribadian yang ada pada tokoh utama dalam novel Simfoni di Tanah Dayak Karya Munaldus Dkk berdasarkan teori Sigmund Freud. Manfaat penelitian ini secara teoritis, penelitian ini diharapakan dapat memberikan sumbangan pengetahuan terutama dalam dunia sastra Indonesia, manfaat praktis, diharapakan penelitan ini bisa digunakan bagi pihak-pihak yang berkepentingan dalam penelitian sastra. Tokoh Dubit merupakan tokoh yang paling banyak diceritakan dalam novel Simfoni di Tanah Dayak Karya Munaldus Dkk. Metodologi yang digunakan dalam analisis ini yaitu teknik pengumpulan data yang terdiri dari teknik teori Pustaka, teknik membaca, dan teknik mencatat. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan simpulan.
Hasil penelitian akan menunjukkan aspek psikologi sastra pada tokoh utama meliputi 2 teori yakni struktur kepribadian dan dinamika kepribadian dalam struktur kepribadian ada id, ego, dan super ego dan dinamika Kepribadan ada instink dan Mekanisme pertahanan ego dan dari kedua analisis ini akan menemukan hasil kepribadian pada tokoh utama yakni Dubit pada novel Simfoni di Tanah Dayak Karya Munaldus Dkk

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS PSIKOLOGI SASTRA DALAM NOVEL SIMFONI DI TANAH DAYAK KARYA MUNALDUS DKK
Pengarang MOCHAMAD ADI SETIAWAN - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MOC a 2021
Subyek Novel, Psikologi Sastra, Struktur Kepribadian
Dinamika Kepribadian
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua