Detail Cantuman Kembali
Mukhlis Ridho - Personal Name

HUBUNGAN SOSIAL ANTARA PENGEPUL DAN NELAYAN DI DESA SABINTULUNG KECAMATAN MUARA KAMAN KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Mukhlis Ridho, 2021. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Mulawarman. Hubungan Sosial Antara Pengepul dan Nelayan di Desa Sabintulung Kecamatan Muara Kaman Kabupaten Kutai Kartanegara. (Dibawah bimbingan Gusti Haqiqiansyah dan Elly Purnamasari).

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui fungsi dan peran pengepul dan nelayan dalam kegiatan produksi dan kehidupan sosial masyarakat, mengetahui sifat dan tipe atau bentuk hubungan yang terjadi antara pengepul dan nelayan dalam kegiatan produksi perikanan tangkap. Metode yang digunakan adalah metode studi kasus. Pengambilan sempel pengepul dilakukan dengan Metode sensus, sedangkan sempel nelayan ditentukan dengan metode bola salju yang terdiri dari 8 orang nelayan terikat dan 6 orang nelayan bebas.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hubungan sosial antara pengepul dan nelayan memiliki fungsi dan peran yang berharga bagi keduanya yaitu, hubungan antara pengepul dan nelayan bebas mengarah pada pada satu kepentingan tunggal dimana hubungan yang terjadi cenderung berdimensi ekonomi. Hubungan antara pengepul dan nelayan terikat mengarah pada hubungan ekonomi namun hubungan sosial juga diperhatikan tetapi dalam cangkupan yang lebih terbatas sehingga lebih mengarah pada hubungan banyak benag. Sifat hubungan sosial antara pengepul dan nelayan mengarah pada hubungan timbal balik. Tipe atau bentuk hubungan nelayan dan pengepul adalah sebagai berikut, hubungan antara pengepul dengan nelayan bebas mengarah pada tipe kontraktual, hubungan antara pengepul dengan nelayan terikat mengarah pada semi kontraktual.

Kata Kunci: Hubungan sosial, Pengepul dan nelayan, Sabintulung

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul HUBUNGAN SOSIAL ANTARA PENGEPUL DAN NELAYAN DI DESA SABINTULUNG KECAMATAN MUARA KAMAN KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
Pengarang Mukhlis Ridho - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MUK h 2021
Subyek Hubungan sosial, Pengepul dan nelayan, Sabintulung
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit
Jurusan agribisnis
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua