Detail Cantuman Kembali
JABAR NUR RAHMAN - Personal Name

PERANAN TAMAN BACAAN MASYARAKAT (TBM) JAM BENTONG DALAM MENINGKATAN MINAT BACA MASYARAKAT DI KECAMATAN TENGGARONG

ABSTRAK

JABAL NUR RAHMAN (2015), Peranan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Jam Bentong Dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat di Kecamatan Tenggarong, Dr. Budi Raharjo, M.S, selaku Dosen Pembimbing I dan H. Taufik Hidayat, MA, selaku Dosen Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peranan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Jam Bentong Dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat di Kecamatan Tenggarong.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa program kerja yang telah dilaksanakan oleh Taman Bacaan Masyarakat Jam Bentong dalam meningkatkan minat baca masyarakat di Kecamatan Tenggarong; a) Pemenuhan kelengkapan bahan bacaan; b) Mengoptimalkan pelayanan; c) Sosialisasi kepada masyarakat dan sekolah; dan d) Program diklat jurnalistik.
Program kerja yang belum dilaksanakan oleh Taman Bacaan Masyarakat Jam Bentong dalam meningkatkan minat baca masyarakat di Kecamatan Tenggarong, antara lain: program kelas menulis, kelas mendongeng, kelas mengelola event, mengelola organisasi, kelas mengelola dan mengoptimalkan media sosial (untuk informasi dan branding TBM Jam Bentong).
Pendanaan Taman Bacaan Masyarakat Jam Bentong dalam meningkatkan minat baca masyarakat di Kecamatan Tenggarong selama ini dilakukan secara mandiri dan bantuan dari beberapa pihak yang nominal besarannya tidak seberapa. Untuk pembayaran honorarium penjaga berasal dari Pemerintah Daerah karena penjaganya (2 PNS) dan 2 (THL).
Faktor pendukung program Taman Bacaan Masyarakat Jam Bentong dalam meningkatkan minat baca masyarakat di Kecamatan Tenggarong, antara lain: memiliki kegiatan pendukung lain yang menarik, Memiliki kegiatan yang produktif, memiliki bahan bacaan yang bervariasi dan menarik minat pengunjung untuk membaca, dan memiliki sarana dan prasarana lain yang menunjang. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi: kurangnya Pendanaan, sulitnya mengembangkan sumber daya manusia pengelola TBM, dan kurangnya pendampingan pelaksanaan program.







Kata kunci: Taman Bacaan Masyarakat, Minat Baca

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERANAN TAMAN BACAAN MASYARAKAT (TBM) JAM BENTONG DALAM MENINGKATAN MINAT BACA MASYARAKAT DI KECAMATAN TENGGARONG
Pengarang JABAR NUR RAHMAN - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua