Detail Cantuman Kembali
Carolina Trianita Tabut - Personal Name

Dampak Layanan Informasi melalui Media Whatsapp Group dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 3 Samarinda di Masa Pandemi Tahun Ajaran 2020/2021

Carolina Trianita Tabut, 2021. Dampak Layanan Informasi Melalui Media Whatsapp Group Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 3 Samarinda di Masa Pandemi Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman. Penelitian ini dibimbing oleh Masnurrima Heriansyah, S.Pd., M.Pd selaku Dosen Pembimbing I dan Andi Wahyu Irawan, S,Pd., M.Pd selaku Dosen Pembimbing II .
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak layanan informasi melalui media whatsapp group dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Samarinda di masa pandemi 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif ex post facto dengan desain kausal komparatif. Dengan populasi siswa kelas X berjumlah 353 peserta didik, sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan pertimbangan peserta didik yang memiliki motivasi belajar dan hasil belajar yang rendah sebanyak 98 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket layanan informasi dan motivasi belajar peserta didik. Yang di uji dengan uji normalitas menggunakan rumus kolmogorov- smirnov dengan nilai signifikansi 0,200 > 0,05 dengan hasil bahwa data terbukti berdistribusi normal dan uji linearitas dalam nilai sig. devination from linearity nilai 0,931 > 0,05 dan berarti data bersifat linier . Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana untuk mengetahui apakah layanan informasi melalui whatsapp group berdampak signifikan dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik dan dibuktikan dengan uji hipotesis yaitu uji t. Hasil penelitian thitung 11,525 > ttabel 1.66088 sehingga Ha (variabel X berdampak signifikan terhadap variabel Y) diterima dan H0 (variabel X tidak berdampak signifikan terhadap variabel Y) ditolak, berarti ini terbukti bahwa “ Layanan informasi melalui Whatsapp Group berdampak signifikan dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik dimasa pandemi” dengan dengan R Square 46%. Kemudian didukung oleh hasil penelitian bahwa layanan informasi memberikan dampak positif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik sebesar 0,380. Berdasarkan statistik deskriptif sebesar 63% peserta didik menganggap bahwa layanan informasi cukup bermanfaat dengan motivasi belajar sebanyak 67% berada pada kategori sedang. Ini menunjukan bahwa layanan informasi melalui Whatsapp Group dapat dijadikan sebagai salah satu strategi dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik dan dapat dipakai sebagai bahan perbandingan atau referensi untuk melakukan penelitian yang lebih memusatkan kepada pemberian layanan informasi terhadap motivasi belajar peserta didik.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Dampak Layanan Informasi melalui Media Whatsapp Group dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 3 Samarinda di Masa Pandemi Tahun Ajaran 2020/2021
Pengarang Carolina Trianita Tabut - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI CAR d 2021
Subyek dampak,layanan informasi, motivasi belajar
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan BIMBINGAN DAN KONSELING
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua