Detail Cantuman Kembali
FENNY RAMADHAYANTI - Personal Name

IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SOFTWARE WONDERSHARE FILMORA MATERI PERKEMBANGBIAKAN HEWAN DI KELAS VI SD NEGERI 006 BALIKPAPAN TIMUR

Fenny Ramadhayanti, 2021. Implementasi Media Pembelajaran IPA Berbasis Software Wondershare Filmora Materi Perkembangbiakan Hewan di Kelas VI SD Negeri 006 Balikpapan Timur. Pembimbing I Mustamiroh, S.Pd., M.Pd dan Pembimbing II Dra. Sudillah Mangkuwiata, M.Pd.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketepatan memilih metode dan model pembelajaran serta pemilihan media pembelajaran agar kegiatan belajar mengajar efektif dan menyenangkan. Media pembelajaran dapat dibuat dengan kemajuan teknologi yang ada dan dapat melatih pemahaman peserta didik untuk lebih fokus dalam hal penerimaan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan penerapan media pembelajaran dan menjelaskan dampak yang didapat dari implementasi media pembelajaran IPA berbasis software wondershare filmora materi perkembangbiakan hewan di kelas VI SD Negeri 006 Balikpapan Timur.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan implementasi guru kelas VI A SD Negeri 006 Balikpapan Timur dalam pelaksanaan media pembelajaran berbasis Software Wondershare Filmora memberikan dampak yang baik. Kegiatan pelaksanaan yang dilakukan yaitu menyusun RPP, menyusun materi sesuai KD, merekam diri, mengedit video, dan mempublikasikan melalui aplikasi Zoom Meeting dan Youtube sebagai tempat penyimpanan video pembelajaran daring. Dampak yang terjadi dalam mengimplementasikan media pembelajaran ini adalah dampak yang positif dikarenakan peserta didik lebih tertarik daripada media pembelajaran menggunakan buku tematik biasa. Dampak ini juga dilandaskan dengan nilai hasil pembelajaran beberapa siswa sebelum menggunakan media dan sesudah menggunakan media pembelajaran, dapat dibuktikan dengan nilai sebesar 77,15 dari yang sebelumnya nilai 60.
Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi media pembelajaran IPA berbasis software wondershare filmora berjalan cukup baik dan dampak media pembelajaran IPA berbasis software wondershare filmora siswa menjadi lebih paham, tidak jenuh dalam kegiatan pembelajaran serta meningkatkan hasil belajar siswa.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SOFTWARE WONDERSHARE FILMORA MATERI PERKEMBANGBIAKAN HEWAN DI KELAS VI SD NEGERI 006 BALIKPAPAN TIMUR
Pengarang FENNY RAMADHAYANTI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI FEN i 2021
Subyek Implementasi Media Pembelajaran
Software Wondershare Filmora
Perkembangbiakan Hewan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua