Detail Cantuman Kembali

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Edukasi Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas V SDN 008 Pasir Belengkong Tahun Ajaran 2020/2021

Iin Melisa Hasanah Widarkasih, 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Edukasi Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada Siswa Kelas V SDN 008 Pasir Belengkong Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi ini dibimbing oleh Bapak Ir. Arif Harjanto, S.T., M.Kom., IPM., ASEAN Eng. selaku pembimbing I dan Ibu Dewi Rosita, M.Kom., selaku pembimbing II.
Media pembelajaran berbasis permainan edukasi diharapkan dapat menumbuhkan minat belajar siswa terhadap materi pelajaran. Dengan perasaan senang ketika bermain diharapkan siswa bisa lebih mudah memahami materi pelajaran yang disajikan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengembangkan media pembelajaran berbasis permainan edukalsi mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis permainan edukasi yang dikembangkan sebagai media pembelajaran di kelas serta bahan belajar untuk siswa kelas V SDN 008 Pasir Belengkong Tahun Ajaran 2020/2021.
Jenis penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yang meliputi tahap analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Teknik pengumpulan data dengan metode wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Subjek penelitian yang terlibat adalah 3 ahli media sebagai uji kelayakan pada media pembelajaran, 1 ahli materi untuk menguji materi pada media pembelajaran dan 16 siswa kelas V SDN 008 Pasir Belengkong, sedangkan objek yang diteliti adalah kelayakan pengembangan media pembelajaran berbasis permaianan edukasi mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah: 1) Pengembangan media pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang menampilkan materi keberagaman sosial budaya masyarakat Indonesia dalam bentuk permainan edukasi menggunakan software Macromedia Flash 8. 2) Uji kelayakan media dapat dilihat dari perolehan rata-rata skor penilaian yang didapatkan dari ahli media sebesar 4,4 dengan kategori sangat layak, perolehan penilaian dari ahli materi sebesar 4,6 dengan kategori sangat layak, dan perolehan rata-rata skor yang didapatkan dari siswa sebesar 4,5 dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil uji kelayakan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis permainan edukasi mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang telah dikembangkan layak digunakan untuk media pembelajaran.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Edukasi Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Pada Siswa Kelas V SDN 008 Pasir Belengkong Tahun Ajaran 2020/2021
Pengarang IIN MELISA HASANAH WIDARKASIH - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI IIN p 2021
Subyek Media Pembelajaran, Permainan Edukasi, ADDIE
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN MATEMATIKA konsentrasi PENDIDIKAN ILMU KOMPUTER
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua