Detail Cantuman Kembali
Shinta Rafika Nisa - Personal Name

PENGARUH KEMAMPUAN OPERASI HITUNG DASAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAPHASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 BONTANGTAHUN PELAJARAN 2013/2014

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan operasi hitung dasar dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bontang tahun pelajaran 2013/2014.
Jenis penelitian yang digunakan adalah ex post facto. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel bebas yaitu kemampuan operasi hitung dasar (X1) dan perhatian orang tua (X2) serta satu variabel terikat yaitu hasil belajar matematika (Y). Populasi penelitian adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Bontang yang terdiri dari 6 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purporsive cluster random sampling, sehingga diperoleh 5 kelas yaitu kelas VIIA, VIIB, VIIC, VIID, dan VIIE . Instrumen penelitian ini berupa angket yang digunakan untuk memperoleh data tentang perhatian orang tua dan tes yang digunakan untuk memperoleh data tentang kemampuan operasi hitung dasar dan hasil belajar matematika siswa. Sebelum penelitian dilaksanakan, instrumen penelitian diuji cobakan pada kelas yang bukan termasuk dalam sampel penelitian, yaitu kelas VIIF. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu regresi linear ganda dengan taraf signifikan sebesar 5%.
Berdasarkan analisis deskriptif, diperoleh nilai rata-rata data variabel kemampuan operasi hitung dasar sebesar 52,20; nilai rata-rata data variabel perhatian orang tua sebesar 62,37; dan nilai rata-rata dari hasil belajar matematika siswa adalah 56,41; sehingga kemampuan operasi hitung dasar, perhatian orang tua, dan hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 2 Bontang tahun pelajaran 2013/2014 tergolong kategori sedang. Dari hasil analisis regresi linier ganda, diperoleh persamaan penduga = 1,95 + 0,60X1 + 0,37X2. Dengan nilai Fhitung=3031,24; Ftabel = 3,15 dan p = 0,00. Karena Fhit > Ftabel dan p < 0,05 maka persamaan regresi penduga yang diperoleh adalah berarti. R2 = 0,98 menunjukkan sebesar 98% varian hasil belajar matematika terjelaskan oleh hubungan liniernya dengan kontribusi kemampuan operasi hitung dasar dan perhatian orang tua. Untuk kemampuan operasi hitung dasar diperoleh nilai p = 0,20; artinya terdapat pengaruh secara parsial untuk kemampuan operasi hitung dasar terhadap hasil belajar matematika. Untuk perhatian orang tua diperoleh p = 0,26; artinya terdapat pengaruh secara parsial untuk perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan operasi hitung dasar dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas VII SMP Negeri 2 Bontang tahun pelajaran 2013/2014.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH KEMAMPUAN OPERASI HITUNG DASAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAPHASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 BONTANGTAHUN PELAJARAN 2013/2014
Pengarang Shinta Rafika Nisa - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2014
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua