Detail Cantuman Kembali
Rukmanisa Al Hadist - Personal Name

Estimasi Model Regresi Poisson Menggunakan Pendekatan Lokal Linier (Studi Kasus: Jumlah Kasus Kusta di Kabupaten/Kota Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2019)

Regresi Poisson digunakan untuk memodelkan banyaknya kejadian yang bergantung pada periode tertentu dengan hasil pengamatan berupa data diskrit. Estimasi fungsi regresi Poisson dapat dilakukan dengan dua pendekatan, yaitu pendekatan regresi parametrik dan pendekatan regresi nonparametrik. Pada penelitian ini dilakukan pendekatan regresi nonparametrik berdasarkan estimator lokal linier menggunakan fungsi kernel. Fungsi kernel yang digunakan adalah fungsi kernel Gaussian dan bandwidth optimum ditentukan menggunakan kriteria Cross Validation (CV). Estimasi fungsi regresi Poisson berdasarkan estimator lokal linier menggunakan metode locally weigted maximum likelihood. Pendekatan regresi nonparametrik berdasarkan estimator lokal linier pada model regresi Poisson diterapkan pada data jumlah kasus kusta di Kabupaten/Kota Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh model regresi Poisson berdasarkan estimator lokal linier pada jumlah kasus kusta di Kabupaten/Kota Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2019. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh sepuluh model regresi Poisson berdasarkan estimator lokal linier untuk jumlah kasus kusta pada masing-masing Kabupaten/Kota Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2019, dengan nilai MSE sebesar 107,384.

Kata kunci: Estimator Lokal Linier, Kusta, Regresi Nonparametrik, Regresi Poisson

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Estimasi Model Regresi Poisson Menggunakan Pendekatan Lokal Linier (Studi Kasus: Jumlah Kasus Kusta di Kabupaten/Kota Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2019)
Pengarang Rukmanisa Al Hadist - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI RUK e 2021
Subyek Regresi Nonparametrik
Estimator Lokal Linier
Kusta
Regresi Poisson
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam
Jurusan Matematika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua