Analisis Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Geografi Materi Keragaman Budaya Indonesia di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Muara Jawa Tahun Ajaran 2020/2021
Rahma Magfira, 2021, “Analisis Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Keragaman Budaya Indonesia di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Muara Jawa Tahun Ajaran 2020/2021”. Skripsi Program Studi Pendidikan Geografi, FKIP Universitas Mulawarman. Dosen Pembimbing 1 Dr.H.Zeni Haryanto, M.Pd. Pembimbing II Edwardus Iwantri Goma, S.Pd, M.Sc.
Kata Kunci: Pelaksanaan Pembelajaran Daring, Faktor Penghambat Pandemi
Covid-19 memberikan dampak yang begitu besar bagi keberlangsungan pendidikan di Indonesia. Dengan adanya pandemi ini membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan mengenai pelaksanaan pembelajaran yang harus dilaksanakan secara daring. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran daring di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Muara Jawa serta mengetahui faktor penghambat pembelajaran daring pada mata pelajaran geografi materi keragaman budaya Indonesia di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Muara Jawa. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan dikelas XI IPS di SMA Negeri 1 Muara Jawa pada tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran geografi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Muara Jawa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring di SMA Negeri 1 Muara Jawa tepatnya pada kelas XI IPS sudah terlaksana cukup baik, sebagian besar peserta didik dan guru telah memiliki fasilitas dasar yang dibutuhkan, hal itu menggambarkan kesiapan pelaksanakan pembelajaran daring. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring guru sudah melakukan perencanaan pembelajaran dan sudah melaksanakan pembelajaran dengan baik yaitu menggunakan metode pembelajaran, media pembelajaran, strategi dan pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan karakter peserta didik. Namun, pembelajara daring memiliki kendala dalam pelaksanaannya, kondisi jaringan yang tidak stabil dan kesulitan peserta didik dalam memahami pembelajaran merupakan tantangan tersendiri dalam pembelajaran daring.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Analisis Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Geografi Materi Keragaman Budaya Indonesia di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Muara Jawa Tahun Ajaran 2020/2021 |
---|---|
Pengarang | Rahma Magfira - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI RAH a 2021 |
Subyek | Pelaksanaan Pembelajaran Daring, Faktor Penghambat Pandemi |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY