Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Lab untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep Materi Titrasi Asam-Basa Pada Siswa SMA Tahun Pembelajaran 2020/2021
M. Alhimni Rusdi, 2021 Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Lab untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep Materi Titrasi Asam Basa pada Siswa SMA. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Herliani, M.Pd selaku dosen pembimbing I dan Prof. Dr. H. Laode Rijai, M.Si Selaku dosen pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangakan media pembelajaran virtual lab untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa dan penguasaan konsep materi titrasi asam basa pada siswa SMA yang valid, efektif, dan praktis. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D (Four D Models) yang terdiri atas Define, Design, Development, dan Disseminate. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA B SMA IT Granada Samarinda. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah validasi, teknik pengukuran, dan angket dengan instrumen penelitian berupa lembar validasi, soal pretest dan posttest, dan angket respon siswa. Hasil analisis validasi media pembelajaran virtual lab titrasi asam basa oleh ahli materi, ahli IT, dan praktisi mendapat skor 3,64 dengan kategori sangat baik. Keefektifan media ditinjau dari peningkatan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep materi siswa yaitu pada praktikum I sebesar 71%, praktikum II 80%, dan praktikum III 90%, serta hasil analisis pretest-posttest menunjukkan nilai N-Gain sebesar 0,71 dengan kriteria sangat efektif. Kepraktisan media berdasarkan hasil analisis angket respon siswa sebesar 3,04 dengan kriteria baik.
Kata Kunci: Media Pembelajaran Virtual Lab, Keterampilan Proses Sains, dan Penguasaan Konsep Materi.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Lab untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep Materi Titrasi Asam-Basa Pada Siswa SMA Tahun Pembelajaran 2020/2021 |
---|---|
Pengarang | Muhammad Alhimni Rusdi - Personal Name |
No. Panggil | TESIS MUH p 2021 |
Subyek | Media Pembelajaran Virtual Lab Keterampilan Proses Sains, dan Penguasaan Konsep Materi |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Kimia |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY