Detail Cantuman Kembali
Novi Wastilawati - Personal Name

Perkawinan anak dibawah usia nikah di Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Kutai Timur

Novi Wastilawati, NIM 1708015027, Batu Ampar 1 November 1999, Konsestrasi Hukum Perdata, dengan judul PERKAWINAN ANAK DIBAWAH USIA NIKAH DI KECAMATAN BATU AMPAR KABUPATEN KUTAI TIMUR, Di
bawah bimbingan Ibu Irma Suriyani S.Ag., M.Ag. selaku Pembimbing Utama dan Bapak Aryo Subroto S.H., M.H. selaku Pembimbing Pendamping Skripsi.
Perkawinan anak dibawah usia nikah perkawinan yang terjadi sebelum usia yang telah ditentukan oleh Undang-Undang serta belum mempunyai kematangan fisik, fisiologis dan psikologis untuk dapat mempertanggungjawabkan perkawinannya, maka didalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2019 perubahan atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 mengatur adanya Dispensasi Perkawinan bagi anak yang ingin melaksanakan Perkawinan dibawah ketentuan Undang-Undang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan socio legal research yang bertujuan untuk mengetahui dua pokok pembahasan : Pertama, Penulis ingin mengetahui mengenai Implikasi Hukum terhadap Perkawinan dibawah umur di Kecamatan Batu Ampar. Kedua, Penulis ingin mengetahui dan mengkaji faktor penyebab diberikkannya Dispensasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa belum terpenuhinya syarat formil dalam batas usia perkawinan serta masih ada anak yang melangsungkan perkawinan pada imam kampung, kemudian terdapat beberapa faktor alasan diberikannya Dispensasi Perkawinan kepada anak yang akan melangsungkan perkawinan.
Kata kunci : Perkawinan dibawah umur, Dispensasi, , anak.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Perkawinan anak dibawah usia nikah di Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Kutai Timur
Pengarang Novi Wastilawati - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NOV p 2021
Subyek Perkawinan dibawah umur, Dispensasi, , anak.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Hukum
Jurusan Ilmu Hukum
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua