Detail Cantuman Kembali
MUDHIAH ALIFAH - Personal Name

FAKTOR RISIKO TERHADAP KETIDAKPATUHAN MINUM OBAT PADA PASIEN HIV/AIDS DI RUMAH SAKIT KANUDJOSO DJATIWIBOWO KOTA BALIKPAPAN TAHUN 2021

HIV adalah virus yang menyerang sel-sel pada sistem kekebalan tubuh manusia terutama pada sel darah putih di dalam tubuh. Sedangkan AIDS adalah penyakit yang timbul akibat defisiensi imunitas tubuh. Salah satu kendala penanggulangan HIV/AIDS yakni terjadinya ketidakpatuhan yang tinggi pada pasien HIV/AIDS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat Pengetahuan, Tingkat Stress, Tingkat Efek Samping Minum Obat, dan Tingkat Dukungan Keluarga terhadap ketidakpatuhan minum obat pasien HIV/AIDS di Rumah Sakit Kanudjoso Djatiwibowo Kota Balikpapan Tahun 2021.
Penelitian ini menggunakan desain Cross-Sectional dengan jumlah sampel uji sebanyak 20 responden yang diperoleh menggunakan teknik Purposive Sampling. Data diperoleh melalui hak angket dan formulir online. Analisis data dilakukan bertahap mencakup analisa Univariat dan Bivariat dengan menggunakan Uji Chi-Square untuk melihat Hubungan antara Ketidak Patuhan minum obat Terhadap tingkat pengetahuan, tingkat stress, tingkat efek samping minum obat, tingkat Dukungan Keluarga.
Hasil penelitian yang didapatkan dari uji Chi-Square menggunakan SPSS adalah tingkat pengetahuan (p=1,00), tingkat stress (p=0,848), efek samping obat (p=0,733) dan Dukungan Keluarga (p=0,75). Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan antara Ketidakpatuhan minum obat pasien HIV/AIDS terhadap tingkat pengetahuan, tingkat stress, tingkat efek samping minum obat, tingkat Dukungan Keluarga di Rumah Sakit Kanudjoso Djatiwibowo Kota Balikpapan Tahun 2021.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul FAKTOR RISIKO TERHADAP KETIDAKPATUHAN MINUM OBAT PADA PASIEN HIV/AIDS DI RUMAH SAKIT KANUDJOSO DJATIWIBOWO KOTA BALIKPAPAN TAHUN 2021
Pengarang MUDHIAH ALIFAH - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MUD f 2021
Subyek HIV/AIDS, ARV, Ketidakpatuhan Minum Obat
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Kesehatan Masyarakat
Jurusan KESEHATAN MASYARAKAT
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua