Detail Cantuman Kembali
Ryan Andareza Putra - Personal Name

PERENCANAAN SHEET PILE PADA RUAS JALAN SAMARINDA – SEBULU STA 13+500 s/d STA 13+530

Analisis stabilitas lereng digunakan untuk mengetahui daerah potensial longsoran. Daerah yang merupakan studi kasus berada pada ruas jalan Samarinda – Sebulu. Pada analisis dinding penahan tanah diperlukan desain dinding penahan tanah yang stabil. Kestabilan struktur dianalisis menggunakan metode konvensional dan metode elemen hingga. Analisis metode konvensional meliputi perhitungan kestabilan momen dan geser. Metode elemen hingga dilakukan untuk menunjukkan perbandingan nilai pada metode konvensional. Perhitungan tekanan tanah dihitung dengan menggunakan teori rankine dan coulomb.
Pada penelitian ini dilakukan analisis pada 3 kondisi permodelan yaitu kondisi eksisting, kondisi dengan perkuatan sheet pile beton dan kondisi dengan perkuatan sheet pile baja. Analisis stabilitas lereng dilakukan dengan dua metode yaitu analisis dengan perhitungan konvensional program plaxis.
Dari hasil analisa menunjukkan bahwa pada kondisi eksisting lereng akibat beban kombinasi pada segmen I, II, III, IV, V, VI, VIII, VIII, IX dan X dalam kondisi tidak aman. Untuk hasil perhitungan kondisi eksisting cara konvensional pada salah satu segmen yaitu segmen V nilai angka keamanan sebesar 0,886 dan untuk perhitungan program plaxis sebesar 0,960 dari nilai tersebut tidak memenuhi angka keamanan yang diizinkan. Dan untuk analisis dinding penahan tanah sheet pile beton secara konvensional menggunakan salah satu teori yaitu teori coloumb pada salah satu segmen yaitu segmen V nilai angka keamanan terhadap stabilitas geser = 3,686 dan nilai angka keamanan terhadap stabilitas penggulingan = 2,191 dan hasil menggunakan program plaxis nilai angka keamanan sebesar 2,018. Dan untuk analisis dinding penahan tanah sheet pile baja secara konvensional menggunakan salah satu teori yaitu teori coloumb pada salah satu segmen yaitu segmen V nilai angka keamanan terhadap stabilitas geser = 2,187 dan nilai angka keamanan terhadap stabilitas penggulingan = 3,659 dan hasil menggunakan program plaxis nilai angka keamanan sebesar 2,016. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa sheet pile beton dan sheet pile baja aman dipergunakan sebagai dinding penahan tanah dikarenakan faktor keamanan memenuhi syarat kemanan yang diizinkan.
Kata kunci: dinding penahan tanah, angka keamanan, metode konvensional, metode elemen hingga.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERENCANAAN SHEET PILE PADA RUAS JALAN SAMARINDA – SEBULU STA 13+500 s/d STA 13+530
Pengarang Ryan Andareza Putra - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI RIY p 2021
Subyek Kata kunci: dinding penahan tanah, angka keamanan,
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan teknik sipil
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua