Detail Cantuman Kembali
Rini Amalia - Personal Name

Analisis Persediaan Bahan Baku Dengan Metode Economic Order Quantity (EOQ) Pada Usaha Home Industry Kerupuk Bawang Di Samarinda

Rini Amalia, 2021. Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Dengan Metode Economic Order Quantity (EOQ) Pada Usaha Home Industry Kerupuk Bawang Di Samarinda. Skripsi ProgramStudi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Mulawarman.Di bawah bimbingan Dr. Justina Ade Judiarni, SE., M.Si.
Penulis melakukan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengendalian persediaan bahan baku tepung kanji yang diterapkan pada usaha home industry kerupuk bawang milik Bu Hariyanti di Samarinda, untuk mengetahui jumlah pesanan persediaan bahan baku tepung kanji ekonomis pada usaha home industry kerupuk bawang milik Bu Hariyanti di Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian metode deskriptif komparatif. Data yang diolah adalah berupa laporan persediaan pembelian dan pemakaian bahan baku tepung kanji pada usaha home industry kerupuk bawang milik Bu Hariyanti di Samarinda pada tahun 2019. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tabular approach, formula approach dengan menggunakan teknik perhitungan metode Economic Order Quantity (EOQ), Graphical approach.
Berdasarkan hasil penelitian pada model formula approach dengan penggunaan metode EOQ, diperoleh jumlah pemesanan ekonomis bahan baku tepung kanji yaitu sebesar 667 kg, dengan frekuensi pemesanan sebanyak 23 kali, safety stock sebanyak 525 kg, ROP dapat dilakukan pada saat bahan baku tepung kanji di gudang sebanyak 51 kg, dan total biaya persediaan sebesar Rp. 315.764. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Economic Order Quantity (EOQ) menunjukkan jumlah pemesanan yang lebih ekonomis dibandingkan dengan metode yang digunakan oleh usaha home industry kerupuk bawang milik Bu Hariyanti di Samarinda.

Kata Kunci : Pengendalian bahan baku, kuantitas pemesanan ekonomis (EOQ).

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Analisis Persediaan Bahan Baku Dengan Metode Economic Order Quantity (EOQ) Pada Usaha Home Industry Kerupuk Bawang Di Samarinda
Pengarang Rini Amalia - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI RIN a 2021
Subyek Pengendalian bahan baku,
kuantitas pemesanan ekonomis (EOQ)
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Jurusan Manajemen
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua