Detail Cantuman Kembali
ADE IHSAN SYAH PUTRA - Personal Name

ANALISA KADAR BIOCHEMICAL OXYGEN DEMAND (BOD) DAN CHEMICAL OXYGEN DEMAND (COD) DI PESISIR BALIKPAPAN KALIMANTAN TIMUR

Ade Ihsan Syah Putra, 2021. Analisa Kandungan Biological Oxygen Demand (BOD) dan Chemical Oxygen Demand (COD) di Perairan Pesisir Balikpapan Kalimantan Timur, (dibawah bimbingan Ghitarina dan Irma Suryana).
Semakin meningkatnya pemukiman penduduk dan meningkatnya industri serta aktivitas perkebunan, pertanian, dan perikanan di perairan Balikpapan maka semakin berpotensi memicu terjadinya peningkatan pencemaran pada perairan pantai dan laut. Kebanyakan limbah dari daratan, baik yang berasal dari pemukiman perkotaan maupun yang bersumber dari kawasan industri, pada akhirnya bermuara ke pantai ataupun laut. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat pencemaran di Pesisir Balikpapan dengan cara menganalisa kadar BOD dan COD di perairan. Sampel diambil berdasarkan prosedur sampling BOD dan COD serta dianalisa secara exsitu dengan metode kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisa didapatkan untuk nilai BOD dari stasiun 1 sampai stasiun 4 berturut-turut adalah 1.18 mg/L, 1.24 mg/L, 1.06 mg/L, 1.08 mg/L. Sedangkan, nilai COD dari stasiun 1 hingga stasiun 4 berturut-turut adalah 56.984 mg/L, 51.155 mg/L, 46.916 mg/L, 44.266 mg/L. Nilai dari kedua parameter tersebut masih memenuhi standar baku mutu air limbah menurut Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No. 5 Tahun 2004.

Kata Kunci: BOD (Biological Oxygen Demand), COD (Chemical Oxygen Demand),
Perairan Pesisir.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISA KADAR BIOCHEMICAL OXYGEN DEMAND (BOD) DAN CHEMICAL OXYGEN DEMAND (COD) DI PESISIR BALIKPAPAN KALIMANTAN TIMUR
Pengarang ADE IHSAN SYAH PUTRA - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ADE a 2021
Subyek BOD
COD
PESISIR
BALIKPAPAN
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit
Jurusan MANAJEMEN SUMBERDAYA PERAIRAN
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua