Detail Cantuman Kembali
SYAM ADITYA HERLANGGA - Personal Name

PROSES KREATIVITAS DAN PENERIMAAN MASYARAKAT: STUDI KASUS MUSIK PENGIRING JARANAN TURONGGO KARYO BUDOYO KOTA SAMARINDA

Herlangga, Syam Aditya. 2021. "Proses Kreativitas dan Penerimaan Masyarakat: Studi Kasus Musik Pengiring Jaranan Turonggo karyo Budoyo Kota Samarinda". Skripsi Program Studi Etnomusikologi, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Mulawarman. Pembimbing I: Bayu Arsiadhi Putra, S.Sn.,M.Sn.; Pembimbning II: Aris Setyoko, S.Sn., M.Sn.

Seiring perkembangan zaman, penggunaan lagu pop dalam pertunjukan jaranan telah menjadi hal umum. Ide menggabungkan lagu pop pada gendhing jaranan menjadi salah satu kreativitas yang ditunjukan grup kesenian jaranan Turonggo Karyo Budoyo untuk memertahankan eksistensinya dan melastarikan kesenian daerah. Tujuan penelitian ini untuk menjabarkan kreativitas serta penerimaan masyarakat terhadap inovasi penggabungan lagu pop dengan gendhing jaranan.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metodologi penelitian kualitatif dengan pendekatan partisipan. Penulis menjadi partisian di lapangan selama 1,5 tahun dan mengumpulkan data melalaui wawancara dan observasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa meskipun ada unsur lagu pop dalam pertujukan jaranan tetapi dipastikan tidak mengurangi nilai budaya yang terkandung didalamnya, hal ini dikarenakan pertunjukan jaranan yang menggunkan lagu pop hanya bertujuan sebagai hiburan bagi masyarakat dan tidak digunakan saat ritual sakral. Selain itu masyarakat sangat mengapresiasi kreativitas Turonggo Karyo Budoyo dalam melestarikan dan memperkenalkan kesenian jaranan terutama kepada para pemuda sebagai generasi penerus bangsa.

Kata Kunci : Kreativitas, penerimaan masyarakat dan jaranan

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PROSES KREATIVITAS DAN PENERIMAAN MASYARAKAT: STUDI KASUS MUSIK PENGIRING JARANAN TURONGGO KARYO BUDOYO KOTA SAMARINDA
Pengarang SYAM ADITYA HERLANGGA - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI SYA p 2021
Subyek Kreativitas, penerimaan masyarakat dan jaranan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Ilmu Budaya
Jurusan Etnomusikologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua