Detail Cantuman Kembali
Nur Fatlia - Personal Name

Pengaruh Bioaktivator Mikroorganisme Lokal Nasi Basi Terhadap Pertumbuhan Tanaman Terong (Solanum Melongena L.) (Sebagai Penunjang Pratikum Pertumbuhan dan Perkembangan)

Nur Fatlia. 2021. Pengaruh Bioaktivator Mikroorganisme Lokal Nasi Basi Pupuk terhadap Pertumbuhan Tanaman Terong (Solanum melongena L.) (Sebagai Penunjang Praktikum Materi Pertumbuhan dan Perkembangan), dibawah bimbingan Dr. Evie Palenewen, M.Pd dan Dr. Elsje Theodora, M.Pd selaku pembimbing I dan II.
Nasi basi dapat dimanfaatkan untuk menyuburkan tanaman karena nasi basi memiliki kandungan unsur hara N 0,7%, P2O5 0,4%, K2O 0,25%, kadar air 62%, bahan organik 21%, CaO 0,4% dan nisbah C/N 20-25. Jenis mikroba yang terkandung dalam MOL nasi basi adalah Sachharomyces cerevicia dan Aspergillus sp yang berperan dalam proses pengomposan. MOL juga mengandung hormon tumbuh seperti giberelin, sitokinin dan auksin yang berfungsi sebagai zat perangsang tumbuh tanaman.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bioaktivator mikroorganisme lokal nasi basi serta konsentrasi yang paling baik untuk pertumbuhan tanaman terong (Solanum melongena L.). Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen yang dilakukan secara kuantitatif menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) non Faktorial dengan 5 perlakuan konsentrasi dan 5 pengulangan.
Hasil yang didapat dengan perhitungan uji ANOVA Fhitung dan Ftabel. Pada hari ke-56 setelah tanam, panjang tanaman diperoleh Fhitung143,10>Ftabel2,87 dan jumlah daun diperoleh Fhitung38,80>Ftabel2,87. Bobot buah (gram) pada saat panen diperoleh Fhitung22,68>Ftabel2,87 dan jumlah buah (butir) diperoleh Fhitung 5,22> Ftabel 2,87.
Konsentrasi bioaktivator mikroorganisme lokal nasi basi yang terbaik untuk pertumbuhan tanaman terong (Solanum melongena L.) adalah P2 yaitu mikroorganisme lokal nasi basi sebanyak 200 ml.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengaruh Bioaktivator Mikroorganisme Lokal Nasi Basi Terhadap Pertumbuhan Tanaman Terong (Solanum Melongena L.) (Sebagai Penunjang Pratikum Pertumbuhan dan Perkembangan)
Pengarang Nur Fatlia - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NUR p 2021
Subyek Pupuk organik
pupuk mikroorganisme lokal nasi basi
pertumbuhan tanaman terong (Solanum melongena L.)
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Biologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua