EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 3 SAMARINDA (Materi : Suhu dan Kalor)
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan mengetahui efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa. Desain penelitian ini adalah pre-test – post-test control group. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan melibatkan 2 kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan lembar observasi keterampilan proses sains. Berdasarkan hasil N-Gain, peningkatan hasil belajar untuk kelas kontrol sebesar 0,35 dan kelas eksperimen sebesar 0,47. Berdasarkan perhitungan effect size untuk hasil belajar diperoleh hasil sebesar 0,65 dengan kategori efektivitas sedang. Berdasarkan hasil uji-t independen terhadap hasil belajar, diperoleh nilai Asymp.Sig. sebesar 0,008 . Penilaian indikator keterampilan proses sains menunjukkan bahwa 5 dari 8 indikator mencapai kategori baik dengan persentase lebih dari 75%.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 3 SAMARINDA (Materi : Suhu dan Kalor) |
---|---|
Pengarang | ANNISA NURUL HIDAYAH - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI ANN e 2021 |
Subyek | INKUIRI TERBIMBING keterampilan proses sains, hasil belajar |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN FISIKA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY