Detail Cantuman Kembali
ADILAH WIDYANINGRUM - Personal Name

KAJIAN KRIMINALISTIK TERHADAP PENGUNGKAPAN TINDAK PIDANA NARKOTIKA (STUDI KASUS DI POLRESTA BULUNGAN)

Adilah Widyaningrum, NIM 1708015043, Tanjung Selor 2 Mei 1999, Minat Studi Hukum Pidana, Kajian Kriminalistik Terhadap Pengungkapan Tindak Pidana Narkotika (Studi Kasus di Polresta Bulungan), dibawah bimbingan Dr. Ivan Zarani Lisi, S.H., S.Sos., M.Hum. dan Rini Apriyani, S.H., M.H.
Penegakan hukum merupakan rangkaian proses hukum yang dimulai dari tahapan penyelidikan, penyidikan, penuntutan dan pengadilan. Pada tahapan penyidikan diperlukannya peranan ilmu kriminalistik yaitu suatu pengetahuan yang berusaha untuk menyelidiki atau mengusut kejahatan dalam arti seluas-luasnya, berdasarkan bukti dan keterangan dengan menggunakan hasil yang ditemukan oleh ilmu pengetahuan lainnya. Banyaknya Tindak pidana narkotika yang terjadi di Kota Tanjung Selor. Dengan ilmu kriminalistik maka dapat menemukan pelaku tersebut.
Metode penelitian yang digunakan adalah Sosial-legal research. Data yang digunakan dalam penelitian ini yakni data primer diambil langsung dari hasil wawancara dan observasi dan data sekunder yang diperoleh dari studi kepustakaan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kedudukan ilmu kriminalistik bagi penyidik kepolisian sangat amat penting dan berguna dalam mengungkap suatu tindak pidana narkotika. Penegakan hukum terkait penyidikan dijalankan untuk menegakan hukum penydikan sudah sesuai prosedur penyidik kepolisian yaitu dimulai dari penyelidikan terlebih dahulu sampai dilakukannya penangkapan dan mengumpulkan bukti-bukti yang ditemukan oleh penyidik.
Kata Kunci : Kriminalistik, Penyidikan, Kedudukan, Penegakan, Hukum.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul KAJIAN KRIMINALISTIK TERHADAP PENGUNGKAPAN TINDAK PIDANA NARKOTIKA (STUDI KASUS DI POLRESTA BULUNGAN)
Pengarang ADILAH WIDYANINGRUM - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ADI k 2021
Subyek kriminalistik, penyidikan, kedudukan, penegakan, h
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Hukum
Jurusan HUKUM
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua