Detail Cantuman Kembali
YUNI RINDIANTIKA - Personal Name

Manajemen Sumber Daya Guru Dalam Penerapan Pembelajaran Kreatif (Studi Kasus di SMP Negeri 2 Tenggarong)

Pembelajaran kreatif menunjukkan pendidikan berkualitas yang mampu mengelola sumber daya dan mengimplementasikannya dalam fungsi manajemen. Tujuan penelitian: 1) Perencanaan Manajemen Sumber Daya Guru dalam Penerapan Pembelajaran Kreatif; 2) Pengorganisasian ManajemenSumber Daya Guru dalam Penerapan Pembelajaran Kreatif; 3) Pelaksanaan Manajemen Sumber Daya Guru dalam Penerapan Pembelajaran Kreatif; 4) Pengawasan dan evaluasi Manajemen Sumber Daya Guru dalam Penerapan Pembelajaran Kreatif; 5) Solusi; 6) Upaya ke depan. Metode penelitian menggunakan studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis interaktif berupa: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan penelitian, ketekunan pengamatan, trianggulasi. Hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan fungsi-fungsi manajeman dilaksanakan dengan standarpemerintah, yaitu: 1) Perencanaan; kepala sekolah melibatkan seluruh stakeholder, kegiatan mengacu pada dinas pendidikan kabupaten, inisiatif kegiatan sendiri masih kurang, 2) Pengorganisasian; berjalan baik, kualitas manajerial kepala sekolah mempengaruhi keinginan, motivasi dan keyakinan kerja guru, 3) Pelaksanaan; gaya kepemimpinan berpengaruh terhadap pelaksanaan manajemen. Kepala sekolah melakukan : intervensi program berkualitas, budaya kerja, tetapkan visi misi bersama, continuous improvement, membuat tujuan lebih spesifik, komitmen terhadap tujuan jangka panjang, evaluasi didasarkan harapan pelanggan, 4) Pengawasan dan evaluasi; dilakukan secara internal dan eksternal dalam membangun kemandirian, kepribadian, kreativitas. Secara internal dilakukan kepala sekolah dan eksternal oleh pengawas sekolah, badan akreditasi sekolah dan lembaga mandiri ISO, 5) Solusi; mempertimbangkan pengembangan manajemen sumber daya guru, membangun pembelajaran kreatif dan sistem pembelajaran. Program yang dilakukan: penyetaraan dan sertifikasi, pelatihan terintegrasi berbasis kompetensi, supervisi, dan program pemberdayaan, 6) Upaya ke depan; pengembangan keterampilan, kecerdasan, kecakapan, pengawasan terstruktur, kerjasama dengan perguruan tinggi, sekolah, dan lembaga pelatihan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Manajemen Sumber Daya Guru Dalam Penerapan Pembelajaran Kreatif (Studi Kasus di SMP Negeri 2 Tenggarong)
Pengarang YUNI RINDIANTIKA - Personal Name
No. Panggil DISERTASI YUN m 2021
Subyek Manajemen, Sumber Daya Guru
Pembelajaran Kreatif
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PROGRAM DOKTOR MANAJEMEN PENDIDIKAN
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPA. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua