Detail Cantuman Kembali
ABID AHWAN KOSIM - Personal Name

PENERAPAN AUGMENTED REALITY MENGGUNAKAN METODE MARKERLESS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KAPAL TNI-AL BERBASIS ANDROID PADA SMK PELAYARAN SAMARINDA

Kapal TNI AL merupakan salah satu unsur utama dalam penegakan kedaulatan negara di laut. Kekuatan kapal TNI AL saat ini sudah mengalami kemajuan yang signifikan, kemajuan tersebut telah jauh melampaui yang diharapkan baik secara kuantitas maupun secara kualitas yang sesuai dengan luasnya cakupan daerah operasi. Pengetahuan tentang kapal TNI AL sangat penting pada SMK Pelayaran Samarinda karena pada jurusan Nautika, memiliki program yang bernama Reksus (Rekrutan Khusus) untuk menjadi bagian dari TNI AL.

Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah media pembelajaran mengenai kapal TNI AL berupa aspek-aspek mendasar seperti nama dan tipe kapal, tahun produksi, tahun penugasan, persenjataan dan spesifikasi kapal dalam bentuk aplikasi berbasis Android dengan menggunakan metode Markerless Augmented Reality. Pada penelitian ini peneliti menciptakan sebuah aplikasi dalam bentuk media pembelajaran Kapal TNI AL pada SMK Pelayaran Samarinda.

Hasil dari pengujian aplikasi ini memperoleh intensitas cahaya yang ideal untuk menampilkan objek 3D yaitu sebesar 500 hingga 3000 lux dengan jarak pendeteksian smartphone pada image target berkisar antara 30 cm sampai dengan 80 cm dengan sudut kemiringan kamera 45° derajat sampai dengan 90°. Hasil pengujian lapangan yang telah dilakukan kepada 21 responden dari SMK Pelayaran Samarinda, dimana aplikasi ini dinilai baik oleh para responden dengan rata-rata interpretasi skor sebesar 76,05%.
Kata kunci: Augmented Reality, Markerless, Pembelajaran, Android, SMK Pelayaran Samarinda.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENERAPAN AUGMENTED REALITY MENGGUNAKAN METODE MARKERLESS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KAPAL TNI-AL BERBASIS ANDROID PADA SMK PELAYARAN SAMARINDA
Pengarang ABID AHWAN KOSIM - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ABI p 2021
Subyek Kata kunci: Augmented Reality, Markerless, Pembela
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan informatika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua