Detail Cantuman Kembali

Penerapan Etika Bisnis Dalam Kegiatan Produksi Pada Sektor Perdagangan (Studi Pada Rumah Potong Hewan Tanah Merah Samarinda)

Abdul Madir Ichsan Ernawan, NIM 1702095124. Penerapan Etika Bisnis Dalam Kegiatan Produksi Pada Sektor Perdagangan (Studi Pada Rumah Potong Hewan Tanah Merah Samarinda). Di bawah bimbingan Ibu Dr. Finnah Fourqoniah S.Sos, M.Si sebagai pembimbing Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menggambarkan bagaimana penerapan etika bisnis terhadap pemerintah, proses produksi, dan lingkungan yang dilakukan di Rumah Potong Hewan Tanah Merah Samarinda serta untuk menganalisis apakah etika bisnis pada bidang produksi yang diterapkan oleh pelaku usaha sudah sesuai dengan kaidah prinsip yang berlaku.
Metode yang yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan fokus penelitian yaitu penerapan etika bisnis terhadap pemerintah, proses produksi dan lingkungan. Berdasarkan kaidah prinsip etika bisnis yang berlaku yaitu prinsip otonomi, kejujuran, keadilan, saling menguntungkan dan integritas moral. Teknik pengumpulan data didapatkan dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi, dan didukung oleh sumber data sekunder yang ada.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa pada penerapan etika bisnis dan prinsip etika bisnis di Rumah Potong Hewan (RPH) Tanah Merah Samarinda oleh para pelaku usaha adalah segala aktivitas yang berkaitan dengan fundamental dalam usaha yaitu etika bisnis. Setelah dilakukan proses analisis diperoleh kesimpulan bahwa penerapan etika bisnis terhadap pemerintah, proses produksi, dan lingkungan di objek penelitian belum berjalan dengan baik dan sesuai harapan, artinya sangat diperlukan perbaikan dan evaluasi atas hal tersebut.
Adapun mengenai penerapan prinsip etika dalam bisnis para pelaku usaha telah menerapkan dan memperhatikan beberapa prinsip dalam etika bisnis. Yaitu prinsip otonomi, kejujuran, keadilan, saling menguntungkan, dan integritas moral dengan baik dan sesuai, hal tersebut bisa dilihat dari pernyataan pemilik bisnis yang menyadari bahwa keseluruhannya merupakan hal yang mendasar atau fundamental dalam usaha sehingga harus dilaksanakan dengan benar.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Penerapan Etika Bisnis Dalam Kegiatan Produksi Pada Sektor Perdagangan (Studi Pada Rumah Potong Hewan Tanah Merah Samarinda)
Pengarang Abdul Madir Ichsan Ernawan - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ABD P 2021
Subyek Kata Kunci: Penerapan, Etika Bisnis, Prinsip-prins
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan Administrasi Bisnis
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua