Detail Cantuman Kembali
MARIA STIVAN YOHANA MIMI - Personal Name

PERAN GURU SEJARAH DALAM MENANAMKAN NASIONALISME SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 BATU AMPAR

Maria Stivan Yohana Mimi 2017: Peran Guru Sejarah dalam Menanamkan Nasionalisme Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batu Ampar,di bimbing oleh Muhammad Azmi M.Pd selaku pembimbing I dan Siti Marfuah M.Pd selaku pembimbing II. Pendidikan Sejarah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Mulawarman.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran guru sejarah dalam menanamkan nasionalisme pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batu Ampar dengan fokus penelitian cinta tanah air, rela berkorban, menghargai jasa para pahlawan, bangga menjadi bangsa indonesia sebagai rumusan masalah pertama dan untuk mengetahui peran guru sejarah dalam menanamkan nasionalisme siswa XI IPS SMA Negeri 1 Batu Ampar dengan fokus penelitian kegiatan guru di dalam kelas dan kegiatan guru di luar kelas sebagai rumusan masalah kedua.
Jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa menanamkan nasionalisme di SMA Negeri 1 Batu Ampar belum melekat pada diri siswa seperti nilai-nilai nasionalisme berupa cinta tanah air, rela berkorban, bangga menjadi warga negara indonesia, menghargai jasa para pahlawan. Siswa memahami pentingnya menanamkan nasionalisme di tunjukan dengan mengimplementasikan nilai-nilai nasionalisme dan citra positif yang terkandung dalam nasionalisme. Peran guru di SMA Negeri 1 Batu Ampar dengan mengintegrasikan,dalam menanamkan nasionalisme disetiap pembelajaran didalam dan diluar kelas.beberapa kendala dari faktor internal yaitu kurangnya pemahaman guru dalam menanamkan nilainilai nasionalisme dan penggunaaan metode yang monoton. Sedangkan kendala dari faktor eksternal guru tidak dapat memantu siswa saat berada diluar lingkungan sekolah sehingga guru tidak bisa menentukan tinggkat keberhasilan dalam menanamkan nasionalisme pada diri siswa.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERAN GURU SEJARAH DALAM MENANAMKAN NASIONALISME SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 BATU AMPAR
Pengarang MARIA STIVAN YOHANA MIMI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MAR p 2021
Subyek Peran Guru Sejarah, Menanamkan Nasionalisme, SIswa
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN SEJARAH
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua