Peran Guru Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Sejarah Siswa Pada Masa Pandemi Covid 19 Kelas X IPS SMA Negeri 1 Muara Ancalong
Riska Hardiyanti Rukmana 2017 :Peran Guru Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Sejarah Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Kelas X IPS SMA Negeri 1 Muara Ancalong, di bimbing oleh Muhammad Sopyan M.Pd selaku pembimbing I dan Dr. Jamil S.Pd,.M.Ap selaku pembimbing II. Pendidikan Sejarah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Mulawarman.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran guru dalam menumbuhkanmotivasi belajar sejarah siswa pada masa pandemi covid-19 kelas X IPS SMA Negeri 1 Muara Ancalong dengan fokus penelitian perencanaan, proses, evaluasi sebagai rumusan masalah pertama dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru sejarah dalam menumbuhkan motivasi belajar sejarah siswa pada masa pandemi covid-19 kelas X IPS SMA Negeri 1 Muara Ancalong, dengan fokus penelitian faktor eksternal dan faktor internal sebagai rumusan masalah kedua.
Jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan
Hasil penelitian menunjukan peran guru dalam menumbuhkan motivasi belajar sejarah di SMA Negeri 1 Muara Ancalong siswa sudah cukup baik hal ini ditunjukan dengan peran guru ketika pembelajaran di kelas. Dalam belajar sejarah siswa sangat termotivasi secara maksimal namun ada beberapa siswa yang tidak terlihat antusias ketika proses pembelajaran sejarah berlangsung. Sehingga guru akan terus memberikan dorongan semangat, agar siswa memiliki motivasi yang lebih tinggi dalam belajar sejarah, agar siswa akan sadar sendiri pentingnya belajar sejarah. Selain itu beberapa kendala dari faktor internal yakni kurangnya pemahaman guru ketika mengaplikasikan teknologi saat pembelajaran daring.Sedangkan kendala dari faktor eksternal guru tidak dapat memantau siswa saat berada diluar lingkungan sekolah sehingga guru tidak bisa menentukan tingkat keberhasilan dalam menumbuhkan motivasi pada diri siswa.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Peran Guru Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Sejarah Siswa Pada Masa Pandemi Covid 19 Kelas X IPS SMA Negeri 1 Muara Ancalong |
---|---|
Pengarang | RISKA HARDIANTI RUKMANA - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI RIS p 2021 |
Subyek | peran guru, menumbuhkan motivasi,siswa |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN SEJARAH |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY