Detail Cantuman Kembali
Rafli ihza nur rahman - Personal Name

Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Dongeng Pada Buku Siswa Kelas III Tema 2 Menyayangi Tumbuhan Dan Hewan

Rafli Ihza Nur Rahman. 2021. Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Dongeng Pada Buku Siswa Kelas III Tema 2 Menyayangi TumbuhanDan Hewan. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. H. Ahmad Ridhani, M.Pd selaku pembimbing I dan Hety Diana Septika, M.Pd selaku pembimbing II.
Kata kunci: Nilai Karakter, Dongeng, Buku Tematik
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman anak tentang karakter baik dan buruk, serta pentingnya peranan orangtua dan guru dalam menanamkan nilai karakter dalam diri anak salah satu alternatif pilihan yaitu dengan memperbanyak buku bacaan seperti dongeng, tidak hanya menyuruh anak membaca dan mendengarkan, akan tetapi mengetahui nilai karakter yang terkandung di dalam dongeng tersebut. Rumusan masalah penelitian ini yaitu,Nilai apa saja yang terdapat pada dongeng dalam buku “Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 2 untuk SD dan MI Kelas III” . Maka tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan nilai karakter dongeng pada buku “Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 2 untuk SD dan MI Kelas III”.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Prosedur penelitian dalam skripsi ini meliputi tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap penyelesaian.Data dan sumber data penelitian berupa dongeng dalam buku “Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 2 untuk SD dan MI Kelas III”.Teknik pengumpulan data yang dilaksanakan terdiri atas dokumen.Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verivikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dongeng yang terdapat pada buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 2 untuk SD dan MI Kelas III mengandung nilai karakter jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, rasa imgin tahu, menghargai prestasi, komunikatif, senang bersahabat atau proaktif, cinta damai, peduli lingkungan, dan peduli sosial. Berdasarkah hasil temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat sebanyak 10 nilai karakter dalam dongeng pada buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 2 untuk SD dan MI Kelas III sehingga tepat untuk dijadikan sebagai media penanaman nilai-nilai karakter dalam diri siswa dengan hasil dari nilai-nilai karakter yang muncul dari dongeng

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Dongeng Pada Buku Siswa Kelas III Tema 2 Menyayangi Tumbuhan Dan Hewan
Pengarang Rafli ihza nur rahman - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI RAF a 2021
Subyek Nilai Karakter, Dongeng, Buku Tematik
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua