Detail Cantuman Kembali
Akbar Tanjung - Personal Name

Pembangunan Olahraga Ditinjau Dari Sport Development Index (SDI) Dimensi Ruang Terbuka Olahraga dan Sumber Daya Manusia di Kota Bontang

Latar belakang penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui tingkat ketersediaan ruang terbuka olahraga dan ketersediaan sumber daya manusia dalam bidang olahraga di Kota Bontang melalui konsep Sport Development Index (SDI). Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah seberapa besar ketersediaan ruang terbuka olahraga dan ketersediaan sumber daya manusia keolahragaan di Kota Bontang ditinjau dari Sport Development Index (SDI). Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan ketersediaan indeks ruang terbuka olahraga dan sumber daya manusia dalam bidang olahraga di Kota Bontang ditinjau dari Sport Development Index (SDI).
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian metode survei dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Lokasi penelitian berada di Kota Bontang. Subjek penelitian menggunakan sampel yaitu 3 kecamatan di Kota Bontang yaitu, Kecamatan Bontang Barat, Kecamatan Bontang Utara, dan Kecamatan Bontang Selatan.Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah metode multistage random sampling yaitu adalah gabungan antara metode stratified random sampling dengan cluster sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi dan interview atau wawancara. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan analisis SDI.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Nilai indeks ruang terbuka olahraga di Kota Bontang adalah 0,99 (2) Nilai indeks sumber daya manusia di Kota Bontang adalah 0,000167. Kesimpulannya adalah (1) indeks ruang terbuka olahraga di Kota Bontang termasuk kategori tinggi karena indeks berada direntang 0,800-1,00 dalam norma pembangunan olahraga. Sedangkan indeks sumber daya manusia di Kota Bontang termasuk kategori rendah karena indeks berada di rentang 0,00-0,499 dalam norma pembangunan olahraga.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pembangunan Olahraga Ditinjau Dari Sport Development Index (SDI) Dimensi Ruang Terbuka Olahraga dan Sumber Daya Manusia di Kota Bontang
Pengarang Akbar Tanjung - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI AKB p 2021
Subyek Sumber daya manusia
Sport Development Index
Ruang Terbuka Olahraga
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN JASMANI
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua