Detail Cantuman Kembali
Rifaldi Salam - Personal Name

STRUKTUR TEGAKAN DAN PENDUGAAN STOK CADANGAN KARBON PADA TAMAN DI KOTA SAMARINDA (STUDI KASUS TAMAN CERDAS, TAMAN SAMARENDAH & TAMAN SEJATI)

Rifaldi Salam. Struktur Tegakan dan Pendugaan Stok Cadangan Karbon pada Taman di Kota Samarinda (Studi Kasus Taman Cerdas, Taman Samarendah & Taman Sejati). (Dibimbing oleh Fadjar Pambudhi dan Hari Siswanto).
Keberadaan RTH di kota sangat dibutuhkan warga. Di samping fungsinya sebagai areal perlindungan, RTH juga berfungsi sebagai sarana untuk menciptakan keberhasilan dan keindahan kota dari keberadaan vegetasi hijaunya, salah satu RTH yang ada di Kota Samarinda adalah taman kota. Vegetasi-vegetasi hijau yang ada di taman kota juga dapat berperan sebagai penyerap karbon, sehingga dapat menurutkan emisi karbon yang terjadi akibat dari perkembangan Kota Samarinda. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi vegetasi dan cadangan karbon di 3 taman kota yang berada di Samarinda. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan pengukuran dimensi tinggi dan diameter pohon secara langsung, kemudian dilakukan pengolahan data dengan menggunakan persamaan alometri yang diperoleh dari The Forest Trust Indonesia Tahun 2018 dan nilai Pengali 0,47 yang didapat dari IPCC 2006. Dari hasil pengolahan data diketahui bahwa tiga taman kota di Samarinda didominasi oleh vegetasi pada tingkat tiang, diikuti tingkat pohon kecil, pancang, dan pohon besar. Taman Cerdas memiliki Biomassa 43,92 ton/ha dan cadangan karbon 39,42 ton/ha dengan serapan karbon sebesar 2,29 ton/ha/tahun, di Taman Samarendah memiliki biomassa 48,96 ton/ha dan cadangan karbon 16,44 ton/ha dengan serapan karbon sebesar 3,29 ton/ha/tahun dan pada Taman Sejati memiliki biomassa 46,39 ton/ha dan cadngan karbon 10,38 ton/ha dengan serapan karbon 3,11 ton/ha/tahun.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul STRUKTUR TEGAKAN DAN PENDUGAAN STOK CADANGAN KARBON PADA TAMAN DI KOTA SAMARINDA (STUDI KASUS TAMAN CERDAS, TAMAN SAMARENDAH & TAMAN SEJATI)
Pengarang Rifaldi Salam - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI RIF S 2021
Subyek Karbon, Ruang Terbuka Hijau,Taman Kota
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Kehutanan
Jurusan Kehutanan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua