Detail Cantuman Kembali
Oni Ardiana - Personal Name

Analisis Kesalahan-Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Kimia pada Pokok Bahasan Laju Reaksi kelas XI IPA SMA Negeri 16 Samarinda Semester I Tahun Pembelajaran 2010/2011

ABSTRAK

Penelitian tentang Analisis Kesalahan-Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Kimia Pada Pokok Bahasan Laju Reaksi Kelas XI IPA SMA Negeri 16 Samarinda Semester I Tahun Pembelajaran 2010/2011 telah dilakukan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal Laju Reaksi serta faktor-faktor penyebab siswa melakukan kesalahan tersebut.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 16 Samarinda, sedangkan sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang terdiri dari 41 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesalahan yang terbanyak yang terjadi adalah kesalahan konsep. Faktor penyebab siswa melakukan kesalahan antara lain siswa karena kurang memahami materi pelajaran, siswa kurang memahami pertanyaan pada soal, siswa sulit mengutarakan jawaban dalam tulisan, penjelasan guru belum jelas, siswa tidak memahami operasi perpangkatan,dan siswa terburu-buru dalam mengerjakan soal.


Kata kunci : Analisis, Kesalahan, Laju Reaksi

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Analisis Kesalahan-Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Kimia pada Pokok Bahasan Laju Reaksi kelas XI IPA SMA Negeri 16 Samarinda Semester I Tahun Pembelajaran 2010/2011
Pengarang Oni Ardiana - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2010
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua