Detail Cantuman Kembali
NINA HENDRASWARI - Personal Name

ANALISIS KESESUAIAN LAHAN UNTUK PEMILIHAN JENIS VEGETASI PADA KEGIATAN REKLAMASI LAHAN BEKAS PENAMBANGAN BATUBARA ( STUDI KASUS DI PT INSANI BARA PERKASA, KALTIM )

Nina Hendraswari, Analisis Kesesuaian Lahan untuk Pemilihan Jenis Vegetasi Pada Kegiatan Reklamasi Lahan Bekas Penambangan Batubara ( Studi Kasus di PT Insani Bara Perkasa, Kaltim ). Dibimbing oleh Wawan Kustiawan dan Ibrahim.
Tujuan penelitian ini adalah mengkaji kondisi kesesuaian karakter lahan bekas tambang batu bara yang telah ditata permukaannya dan teknik pemilihan jenis tanaman yang sesuai untuk kepentingan revegetasi, dalam keterkaitannya dengan prasyarat tumbuh jenis tanaman dan karakteristik lahan.
Penelitian ini dilaksanakan di lokasi Ijin Usaha Pertambangam (IUP) PT Insani Bara Perkasa, Desa Loa Duri Kecamatan Loa Janan, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Data dikumpulkan dengan pengambilan sampel tanah dan pengujian di laboratorium. Data kualitas tanah dan data jenis-jenis vegetasi dianalisis menggunakan kriteria penilaian sifat kimia dan fisika tanah, parameter kesesuaian lahan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa area rencana reklamasi lahan bekas tambang batubara memiliki kesuburan tanah relatif rendah. Dari hasil analisis kesesuaian lahan pemilihan 10 (sepuluh) jenis vegetasi didapatkan hasil sebagai berikut: 1) Faktor pembatas media perakaran, semua tanaman masuk dalam kelas tidak sesuai (N), untuk semua prasyarat tumbuh tanaman yang dipilih; 2) Faktor pembatas ketersediaan air, secara umum berada pada kondisi lahan yang sangat sesuai (S1). Hal ini dijumpai pada prasyarat tumbuh tanaman sengon, aren, jambu biji, petai dan sukun; 3) Faktor pembatas retensi hara, kondisi lahan penelitian masuk dalam kelas sesuai marginal (S3). Kondisi ini dijumpai pada lima jenis tanaman yakni: jambu biji, karet, petai, mahoni dan aren. Sedangkan tanaman lainya berada pada klas tidak sesuai (N), meliputi durian, sukun, sengon; 4) Faktor prasyarat hara tersedia pada lahan penelitan, menunjukan bahwa seluruh tanaman berada pada kelas sesuai marginal (S3); dan 5) Faktor bahaya erosi dan penyiapan lahan, semua tanaman berada pada kelas sangat sesuai (S1).

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS KESESUAIAN LAHAN UNTUK PEMILIHAN JENIS VEGETASI PADA KEGIATAN REKLAMASI LAHAN BEKAS PENAMBANGAN BATUBARA ( STUDI KASUS DI PT INSANI BARA PERKASA, KALTIM )
Pengarang NINA HENDRASWARI - Personal Name
No. Panggil TESIS NIN a 2021
Subyek Analisis Kesesuaian Lahan
Pemilihan Vegetasi
Reklamasi Lahan Bekas Penambangan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit S2 Ilmu Lingkungan
Jurusan Magister Ilmu Lingkungan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua